Penulis Utama : Rizky Suryaning Utami
NIM / NIP : R1116074
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Hipertensi merupakan masalah kesehatan masyarakat di dunia yang berkaitan erat dengan pola perilaku hidup masyarakat. Pengobatan hipertensi dapat dilakukan  dengan  terapi  non  farmakologis  salah  satunya  dengan  labu  siam. Kandungan kalium dalam labu siam memiliki efek diuretik sehingga dapat menurunkan kadar garam dalam darah melalui ekskresi urin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian jus labu siam terhadap perubahan tekanan darah.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan pretest and posttest with control group di wilayah kerja Puskesmas Ngoresan. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Besar sampel adalah 32 wanita lanjut usia yang memenuhi kriteria retriksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, observasi,  dan  sfigmomanometer. Teknik  analisis  data  menggunakan Wilcoxon, uji T tidak berpasangan, dan Mann-Whitney.

Hasil: Rerata tekanan darah mengalami penurunan dari 153,13/93,75 mmHg menjadi
133,13/81,88 mmHg setelah pemberian perlakuan. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada tekanan darah sistolik (p= 0,001< 0 xss=removed>

Simpulan: Terdapat pengaruh pemberian jus labu siam terhadap perubahan tekanan darah  pada  wanita  lanjut  usia  dengan  hipertensi  di  wilayah  kerja  Puskesmas Ngoresan.

Kata Kunci    : hipertensi, jus labu siam, lanjut usia

 

×
Penulis Utama : Rizky Suryaning Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1116074
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Pemberian Jus Labu Siam terhadap Perubahan Tekanan Darah pada Wanita Lanjut Usia dengan Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Ngoresan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : D-4 Kebidanan Transfer
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran. Prodi. DIV Bidan Pendidik - R1116074-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Erindra Budi Cahyanto, S.Kep., Ns., M.Kes.
2. Endang Listyaningsih S., dr., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.