Penulis Utama : Yohannes Baptista Paskah Prasanto
NIM / NIP : G0014243
×

 

ABSTRAK

 

Latar Belakang: Anestesi inhalasi adalah obat anestesia yang berupa gas atau cairan mudah menguap yang diberikan melalui pernafasan pasien. Anestesi ini memiliki keunggulan pada potensinya yang tinggi dan konsentrasinya yang dapat dikendalikan melalui mesin.Obat anestesi inhalasi yang sering digunakan dalam pembedahan adalah halotan dan isofluran. Perhatian utama pada anestesi adalah keamanan dan keselamatan pasien, salah satu faktornya adalah kestabilan hemodinamik selama tindakan induksi anestesi berlangsung. Salah satu contoh parameter hemodinamik adalah frekuensi nadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek pemberian anestesi inhalasi halotan dan isofluran terhadap perubahan frekuensi nadi.

Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan  pendekatan  cross-sectional  dengan  subjek  penelitian  pasien  operasi dengan anestesi inhalasi halotan dan isofluran di Instalasi Bedah Sentral (IBS) RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Dengan teknik concecutive sampling, didapatkan
48 sampel, yang terdiri dari 24 pasien dengan anestesi halotan dan 24 pasien dengan anestesi isofluran. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan langsung sampai 15 menit setelah dilakukan insisi saat operasi berlangsung. Data dianalisis menggunakan uji-t independen dan uji korelasi Pearson, serta diolah dengan Statistical Product and Service Solution (SPSS) 17.00 for Windows.

Hasil Penelitian: Pasien yang di beri isofluran mengalami penurunan frekuensi nadi namun tetap batas normal (p<0>

Simpulan  Penelitian:  Terdapat  perbedaan  frekuensi  nadi  antara  pasien  yang diberi anestesi inhalasi isofluran dan halotan. Isofluran mampu mempertahankan kestabilan frekuensi nadi dalam batas normal sedangkan halotan menyebabkan penurunan frekuensi nadi.

Kata Kunci: anestesi inhalasi, halotan, isofluran, hemodinamik, frekuensi nadi

 

×
Penulis Utama : Yohannes Baptista Paskah Prasanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014243
Tahun : 2017
Judul : Efek Anestesi Inhalasi Halotan dan Isofluran terhadap Perubahan Frekuensi Nadi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran. Prodi. Kedokteran - G0014243-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Purwoko, dr, SpAN, KAKV, KAO
2. Drg. Andy Yok, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.