Penulis Utama : Yulia Anggraeni
NIM / NIP : G0014246
×

ABSTRAK

Latar belakang: Asma merupakan penyakit pernapasan yang bersifat  kronik. Asma yang tidak tertangani dengan baik dapat menurunkan kualitas hidup anak. Penelitian mengenai hubungan asma dengan kualitas tidur pada anak, serta belum adanya data prevalensi asma pada suatu sekolah menjadi landasan peneliti melakukan penelitian ini.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan di SMP 1 Karanganyar pada September 2017. Besar sampel berjumlah 559 siswa yang dipilih dengan cara purposive  sampling.    Subjek  penelitian  mengisi  kuesioner  ISAAC  mengenai gejala asma dan kuisioner PSQI mengenai kualitas tidur.   Data yang  didapat dianalisis menggunakan uji analisis Chi-Square dan uji Koefisien Kontingensi

Hasil: Uji analisis Chi-Square menunjukkan nilai probabilitas sebesar 0,00 dan nilai Koefisien Kontingensi yang didapat adalah 0,20 (p = 0,00, C = 0,20).

Simpulan: Hasil  yang didapat  menunjukkan  bahwa terdapat  hubungan  antara gejala asma dengan kualitas tidur pada anak.   Sebanyak 86 siswa (15,38%) memiliki gejala asma.   Mayoritas siswa yang memiliki gejala asma berjenis kelamin perempuan sebanyak 50 siswa (58,14%).

Kata kunci: gejala asma, kualitas tidur, anak

 

 

×
Penulis Utama : Yulia Anggraeni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014246
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Antara Gejala Asma dengan Kualitas Tidur pada Anak
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran. Prodi. Kedokteran - G0014246-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ismiranti Andarini, dr., Sp.A, MKes.
2. Sigit Setyawan, dr., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.