Penulis Utama : Achmad Nur Hidayaht
NIM / NIP : S881602001
×

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan multimedia pembelajaran geografi berbasisi EarthComm, efektivitas multimedia untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan spatial peserta didik; Dan menganalisis kelayakan pemanfaatan multimedia di SMA MAN 2 dan SMA MTA Surakarta dengan menggunakan model pengembangan ADDIE.
Data kebutuhan multimedia pembelajaran dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada koresponden yang ditargetkan (2 orang guru dan
30 peserta didik). Sementara keefektifan multimedia dilihat dalam meningkatkan
kemampuan dan motivasi spasial peserta didik, data kemampuan spasial diukur dengan STAT sedangkan data motivasi diukur dengan angket. Penilaian kelayakan dilakukan dengan membagikan lembar validasi ahli dan penilaian peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik uji one-way ANAVA pada taraf signifikasi 5%.
Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa> 75% peserta didik memiliki
tingkat  motivasi  menengah,> 90%  peserta didik  memiliki kemampuan  spasial rendah, dan> 80% peserta didik memerlukan pelajaran geografi yang lebih inovatif. Setelah menerapkan pembelajaran multimedia geografi berbasis EarthComm, berdasarkan hasil analisis ANOVA satu arah, diketahui bahwa multimedia efektif untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan spasial peserta didik yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi (0,00 <0>


Kata kunci: EarthComm, Geografi, Kemampuan Spasial, Motivasi, Multimedia

 

×
Penulis Utama : Achmad Nur Hidayaht
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S881602001
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Multimedia Pembelajaran Geografi Berbasis Earthcomm untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Spasial Peserta Didik (Pokok Bahasan : Hubungan Manusia dan Lingkungan Akibat Dinamika Hidrosfer Kelas X SMA di Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana, Prodi. Pendidikan Geografi- S881602001-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.Sarwono. M.Pd.
2. Dr. Yasin Yusup. M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.