Penulis Utama : Agung Dirgantara Namangboling
NIM / NIP : S531508001
×

ABSTRAK
Latar Belakang : ASI eksklusif yang diberikan kepada bayi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas hidup, mempertahankan status gizi dan menurunkan Angka Kematian Bayi (AKB). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemberian ASI eksklusif dan status gizi pada anak 7-12 bulan di Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang.
Metode : Jenis penelitian adalah analitik observasional dengan desain case control. Teknik pengambilan sampel menggunakan fixed disease sampling. Jumlah sampel sebanyak 116 dan dibagi menjadi dua kelompok. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah status gizi, sedangkan variabel bebas adalah pemberian ASI eksklusif, panjang badan lahir, berat badan lahir dan riwayat penyakit anak. Analisis data yang digunakan adalah chi square test dan regresi logistik ganda dengan p value <0 p=0,040>OR=2,16), panjang badan lahir (p=0,008 OR=2,81), berat badan lahir (p=0,015
OR=5,83) riwayat penyakit (p=0,036 OR=2,25). Hasil analisi multivariat ini menunjukan bahwa frekuensi pemberian ASI merupakan faktor paling dominan dan mempunyai hubungan signifikan dengan nilai p=0,001 OR=6,06 CI=2,14-17,21
Kesimpulan : Pemberian ASI eksklusif, panjang badan lahir, berat badan lahir, riwayat penyakit dan frekuensi pemberian ASI merupakan faktor yang memiliki hubungan yang signifikan dengan status gizi anak.

Kata Kunci : Status gizi, pemberian ASI eksklusif, anak 7- 12 bulan

 

×
Penulis Utama : Agung Dirgantara Namangboling
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S531508001
Tahun : 2017
Judul : Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Pemberian Asi Eksklusif dan Status Gizi pada Anak 7-12 Bulan di Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Gizi
Kolasi :
Sumber : Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Pemberian Asi Eksklusif dan Status Gizi pada Anak 7-12 Bulan di Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang.
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Bhisma Murti, dr. MPH, MSc, PhD
2. Dr. H. Endang Sutisna Sulaeman, dr. MKes, FISPH, FISCM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.