Penulis Utama : Mardika Sari
NIM / NIP : B0115035
×

ABSTRAK

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah unsur struktural dalam novel Kori Wus Tinarbuka karya MM. Sri Haryanti menurut Robert Stanton yang meliputi fakta cerita (karakter, alur, latar), tema, dan sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi), (2) Bagaimanakah deskripsi kepribadian tokoh dalam novel Kori Wus Tinarbuka karya MM. Sri Haryanti berdasarkan teori kepribadian psikoanalisis Sigmund Freud, (3) Bagaimanakah makna dan nilai kehidupan yang terdapat dalam novel Kori Wus Tinarbuka karya MM. Sri Haryanti.

Tujuan penelitian ini antara lain: (1) Mendeskripsikan unsur struktural novel Kori Wus Tinarbuka karya MM. Sri Haryanti menurut Robert Stanton yang meliputi fakta-fakta cerita (karakter, alur, latar), tema, dan sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, dan ironi; (2) Mendeskripsikan kepribadian tokoh dalam novel Kori Wus Tinarbuka karya MM. Sri Haryanti berdasarkan teori kepribadian psikoanalisis Sigmund Freud; (3) Mendeskripsikan makna dan nilai kehidupan yang terdapat dalam novel Kori Wus Tinarbuka karya MM. Sri Haryanti.

Penelitian ini termasuk penelitian sastra yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data utama yang dipakai yaitu novel Kori Wus Tinarbuka karya MM. Sri Haryanti. Data yang dipakai dalam penelitian ini berupa isi teks novel Kori Wus Tinarbuka karya MM. Sri Haryanti. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini, yaitu teknik content analysis. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tiga teknik, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil analisis dari penelitian ini yaitu: (1) Unsur struktural dalam novel Kori Wus Tinarbuka bahwa semua unsur struktural mempunyai hubungan yang erat karena saling berkaitan, (2) Unsur psikologi, analisis kepribadian tokoh dalam novel Kori Wus Tinarbukayang mengungkapkan kejiwaan para tokohnya yang memiliki berbagai masalah dalam hidup dimana id berperan penting dalam menjalankan ego dan super ego, (3) Makna dan nilai yang terkandung dalam novel Kori Wus Tinarbuka.

Kata kunci: Novel Kori Wus Tinarbuka, Aspek Psikologi Toko

×
Penulis Utama : Mardika Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0115035
Tahun : 2019
Judul : Aspek Psikologi Tokoh dalam Novel Kori Wus Tinarbuka Karya Mm. Sri Haryanti (Tinjauan Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Sastra Daerah-B0115035-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Muslifah, S.S., M.Hum,.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.