Penulis Utama : Nurul Faizzah
NIM / NIP : S831502022
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik, kelayakan, dan keefektifan modul IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi pengelolaan lingkungan hidup untuk memberdayakan sikap peduli lingkungan siswa kelas VII SMP N 12 Depok.
Penelitian yang dilakukan merupakan   jenis penelitian pengembangan (research and development). Penelitian pengembangan modul menggunakan prosedur  Borg  and  Gall  yang telah  dimodifikasi  menjadi  9  tahapan  yaitu: 1) Penelitian dan pengumpulan informasi. 2) Perencanaan. 3) Pengembangan rancangan awal produk (draft). 4) Uji coba lapangan permulaan. 5) Revisi produk tahap pertama. 6) Uji lapangan terbatas. 7) Revisi produk tahap kedua. 8) Uji lapangan operasional. 9) Revisi produk akhir. Data analisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan one sample sign-test dan Friedman test melalui SPSS 16.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul IPA berbasis inkuiri terbimbing memiliki karakteristik yaitu memuat langkah pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing yang diintegrasikan dengan indikator sikap peduli lingkungan pada  setiap  tahapnya;  (2)  modul  IPA  berbasis  inkuiri  terbimbing  termasuk kategori layak karena telah melalui uji kelayakan dari ahli materi, ahli media dan ahli bahasa dengan nilai 3,49 kategori sangat baik, praktisi pendidikan dan teman sejawat dengan nilai 3,23 kategori baik, serta melalui tahap uji coba produk dan revisi; (3) modul IPA berbasis inkuiri terbimbing efektif memberdayakan sikap peduli lingkungan karena telah melalui uji efektifitas dengan nilai uji kompetensi kelas perlakuan   berturut-turut mendapat rerata sebesar 86,28 pada KB I, 84,28 pada KB  II,  dan  79,71  pada  KB  III dengan  kriteria baik.  Nilai  sikap  peduli lingkungan kelas perlakuan secara berturut-turut rata-rata sebesar 3,54 dengan kategori sangat baik, 3,47 pada KB II, dan 3,49 pada KB III dengan kategori baik. Hasil Sign-test dengan signifikansi ?0,05 menyatakan siswa mempunyai rerata nilai uji kompetensi lebih tinggi dari nilai KKM sekolah. Hasil Friedman-test dengan signifikansi >0,05 menyatakan bahwa siswa mempunyai perlakuan dan pehamaman terhadap sikap peduli lingkungan yang sama. Berdasarkan hasil, disimpulkan bahwa modul IPA berbasis inkuiri terbimbing memiliki karakteristik; termasuk dalam kategori layak; dan efektif memberdayakan sikap peduli lingkungan.

Kata   Kunci:   modul   IPA,   inkuiri   terbimbing,   sikap   peduli   lingkungan, pengelolaan lingkungan hidup, one-shot case.

 

×
Penulis Utama : Nurul Faizzah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831502022
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Modul Ipa Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pengelolaan Lingkungan Hidup untuk Memberdayakan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMP/MTs Kelas VII
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana, Prodi. Pendidikan Sains - S831502022-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hj. Sri Dwiastuti, M. Si,
2. Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.