Penulis Utama : Syafrida Selfiardy
NIM / NIP : S881502016
×


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengembangkan suplemen materi hidrosfer yang bisa dijadikan sarana belajar edukatif siswa di luar jam pelajaran geografi di sekolah. Berawal dari analisis kebutuhan (mencakup analisis pembelajaran dan analisis pembelajar dan konteks) yang dilakukan peneliti di kelas XI IPS 3 SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo, peneliti mendapatkan data sebagai berikut. Hasil analisis kebutuhan pada bagian hasil analisis pembelajar dan konteks diketahui persentase terbanyak sebanyak 34,4% siswa kelas XI IPS 3 memakai buku teks, catatan dari guru, dan lain-lain sebagai sumber belajar untuk belajar geografi. Sumber belajar lain-lain yang dipakai siswa pada saat belajar geografi  adalah  internet  yaitu  sebanyak  87%.  Hal  ini  menjadi  alasan  kuat mengapa produk buku suplemen perlu dikembangkan.
Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Pada penelitian pengembangan ini, peneliti hanya menempuh sampai tahap kesembilan, yaitu sampai tahap melakukan revisi. Hal ini dikarenakan karena keterbatasan waktu dan biaya jika melakukan sampai tahap kesepuluh.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) nilai modus yang muncul pada komponen kebahasaan adalah tiga, hal ini berarti buku suplemen jelas dari komponen kebahasaan; (2) nilai modus yang muncul pada komponen kegrafikan adalah tiga, hal ini berarti subjek penetelitian banyak yang setuju kalau pemahaman mereka terhadap materi hidrosfer bertambah setelah mengamati gambar/foto pada buku suplemen; (3) komponen kelayakan isi terdiri dari  tiga  poin  penilaian,  pertama  adalah  kemudahan  siswa  dalam  memahami materi hidrosfer menggunakan buku suplemen muncul nilai modus tiga, yaitu mudah, hal ini berarti bagi sebagian besar subjek penelitian buku suplemen memudahkan merekan dalam memahami materi hidrosfer, kedua adalah apakah ada pengetahuan baru yang siswa dapat setelah membaca buku suplemen atau tidak, muncul nilai modus empat, hal ini berarti kebanyakan subjek penelitian setuju kalau mereka mendapatkan pengetahuan baru setelah membaca buku suplemen, ketiga adalah semngat siswa belajar materi hidrosfer menggunakan buku suplemen, muncul nilai modus tiga, berarti siswa bersemangat mempelajari materi hidrosfer menggunakan buku suplemen cerita bergambar ilmiah hidrosfer; (4) nilai modus yang muncul pada komponen penyajian adalah empat, hal ini berarti buku suplemen cerita bergambar ilmiah menarik secara kseluruhan (dari segi lay out, bacaan, dan gambar).

 

Kata kunci: sumber belajar, suplemen, cerita bergambar, hidrosfer

×
Penulis Utama : Syafrida Selfiardy
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S881502016
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Buku Suplemen Mata Pelajaran Geografi Untuk Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana, Prodi. Pendidikan Geografi - S881502016-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwono, M.Pd.
2. Puguh Karyanto, M.Si., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.