Penulis Utama : Ika Putri Lestari
NIM / NIP : H0813080
×


ABSTRAK

Karet merupakan salah satu komoditi pertanian yang penting di Indonesia dalam penunjang perekonomian negara. Saat ini, Indonesia menduduki peringkat ke-2 penghasil karet terbesar di dunia. PT Perkebunan Nusantara IX Kebun Batujamus yang bergerak di sektor agribisnis dengan spesifikasi tanaman tahunan. PT Perkebunan Nusantara IX Kebun Batujamus merupakan salah satu pihak sebagai pemasok karet setengah jadi di Indonesia. Setiap perusahaan memiliki target untuk mendapatkan keuntungan yang optimal. Pencapaian tersebut terdapat banyak tantangan salah satunya yaitu produksi karet di PT Perkebunan Nusantara IX Kebun Batujamus dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Kondisi tersebut dipengaruhi  oleh  bebrapa  faktor,  salah  satunya adalah  tenaga  kerja  penyadap karet, untuk itu dibutuhkan tenaga kerja penyadap karet yang dapat berproduktivitas tinggi.
Penelitian  ini  bertujuan untuk  mengetahui besarnya  produktivitas  tenaga kerja penyadap karet, faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja penyadap karet dan faktor apa yang pengaruhnya paling dominan terhadap tenaga kerja  penyadap  karet  di  PT  Perkebunan  Nusantara  IX  Kebun  Batujamus Kabupaten  Karanganyar.  Metode  yang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah deskriptif survey. Lokasi Penelitian adalah di PT Perkebunan Nusantara IX Kebun Batujamus Afdeling Gandugede.  Metode  analisis  data  yang digunakan  adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini rata-rata produktivitas tenaga kerja adalah 5,79 kg/hok dan hasil menggunakan analisis ekonometrika regresi linier berganda faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja penyadap karet di PT Perkebunan Nusantara IX Kebun Batujamus Afdeling Gandugede adalah faktor umur, masa kerja, upah, dan dummy status kerja harian tetap. Faktor yang paling dominan di dalam penelitian faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja penyadap karet di PT Perkebunan Nusantara IX Kebun Batujamus Afdeling Gandugede yaitu upah.
Hasil penelitian ini dapat disarankan bagi perusahaan yaitu sebaiknya setiap mandor kebun lebih memperhatikan penyadapnya yang jarang masuk kerja, agar perusahaan dapat terus mencapai target produksi setiap harinya. Sebaiknya perusahaan dapat mengatur data keuangan yang lebih detail untuk   memenuhi kesejahteraan  karyawannya.  Setiap  Afdeling  sebaiknya lebih  menegaskan  lagi waktu mulai penyadapan sehingga penyadap karet datang tepat waktu dan menghasilkan lateks yang maksimal. Perusahaan sebaiknya menambah data laporan produksi bulanan agar lebih terperinci lagi kenaikan produktivitas tenaga kerja setiap bulannya.

 

×
Penulis Utama : Ika Putri Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813080
Tahun : 2017
Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Penyadap Karet di PTPN IX Kebun Batujamus Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Penyadap Karet di PTPN IX Kebun Batujamus Kabupaten Karanganyar
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Endang Siti Rahayu, M.S.
2. Dr. Agr. Sc. Ernoiz Antriyandarti, S.P., M.P., M.Ec.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.