Penulis Utama : Sakinah
NIM / NIP : B0515035
×

ABSTRAK

Penelitian ini membahas: (1) Bagaimana struktural kisah nabi Ibrahim a.s yang terdapat pada antologi Qishashun-Nabiyy% dan (1996) karya Abu Hasan Ali An-Nadwi berdasarkan teori struktural ‘Abdul Basith ‘Abdurr?zaq Badr (2) Bagaimana tanggapan pembaca terhadap kisah nabi Ibrahim a.s pada antologi Qishashun-Nabiyy% dan (1996) karya Abu Hasan Ali An-Nadwi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggambarkan tanggapan-tanggapan pembaca untuk kisah nabi Ibrahim a.s dalam antologi Qishashun-Nabiyy% dan (1996). 

Berdasarkan hasil penelitian terhadap kisah nabi Ibrahim a.s pada Qishashun-Nabiyy% dan (1996), diperoleh dua poin kesimpulan. Pertama, secara pendekatan struktural kisah nabi Ibrahim a.s pada Qishashun-Nabiyy% dan (1996) memiliki unsur-unsur intrinsik yaitu al-Achd?ts (peristiwa), asy-Syakhshiyyah (penokohan), al-Chabkah (alur), al-Bi’ah (latar), al-Fikrah (gagasan). Kedua, tanggapan pembaca terhadap kisah nabi Ibrahim a.s pada Qishashun-Nabiyy% dan (1996) dari sudut pandang pembaca peneliti adalah kisah nabi Ibrahim a.s karya syaikh An-Nadwi, tidak termasuk dalam kategori kisah nabi Ibrahim a.s yang lengkap. Kemudian, terdapat perbedaan alur pada kisah nabi Ibrahim a.s yang dikisahkan oleh syaikh An-Nadwi. Terakhir kisah terdapat beberapa peristiwa yang tidak dikisahkan pada kisah nabi Ibrahim a.s yang dikisahkan oleh syaikh An-Nadwi. 

Kata kunci: Qishashun-Nabiyy% dan (1996), Kisah Nabi Ibrahim a.s, Syaikh An-Nadwi, Resepsi Sastra

×
Penulis Utama : Sakinah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0515035
Tahun : 2019
Judul : Tanggapan Pembaca Terhadap Kisah Nabi Ibrahim A.S pada Antologi Qishashun-Nabiyy% dan (1996) Karya Abu Hasan Ali An-Nadwi (Kajian Resepsi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Sastra Arab-B0515035-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tri Yanti Nurul H, S.S., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.