Penulis Utama : Nurul Khotimah
NIM / NIP : H0813137
×

ABSTRAK

Kegiatan agroindustri adalah kegiatan yang mengolah hasil pertanian sebagai bahan baku agar memiliki nilai jual lebih tinggi. Desa Gadingan Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo merupakan sentra industri karak di Kabupaten Sukoharjo. Dalam prakteknya, usaha karak ini dihadapkan pada berbagai  ketidakpastian.  Hal tersebut  yang mendorong peneliti untuk  meneliti tentang profitabilitas usaha karak di Desa Gadingan Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis besarnya biaya, penerimaan, keuntungan, profitabilitas, break even point, serta resiko pada usaha karak di Desa Gadingan Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo.
Metode dasar penelitian adalah metode deskriptif analitik dengan teknik studi kasus. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja yaitu di Desa Gadingan Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Pengambilan responden dilakukan dengan metode simple random  sampling  dengan produsen berjumlah
30 orang. Data yang digunakan pada penelitian yaitu data primer dan data sekunder.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan pencatatan.
Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  diketahui  bahwa  pada  bulan  Maret
2017   rata-rata   biaya   total   yang   dikeluarkan   produsen   karak   sebesar   Rp
29.034.642,-. Penerimaan rata-rata perbulan sebesar Rp 33.000.339,00. Keuntungan sebesar Rp 33.294.607,-. BEP dalam kuantitas sebesar   133 kg sedangkan BEP dalam rupiah penjualan   sebesar Rp 2.951.342,-. Profitabilitas dari usaha karak sebesar 14,67%. Usaha karak ini memiliki nilai profitabilitas lebih dari 0 yang menunjukkan bahwa usaha ini menguntungkan untuk dijalankan. Nilai koefisien variasi sebesar 0,15 dengan batas bawah keuntungan (L) sebesar Rp 1.374.623,00.

 

×
Penulis Utama : Nurul Khotimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813137
Tahun : 2017
Judul : Analisis Usaha Karak (Studi Kasus Desa Gadingan Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian, Prodi. Agribisnis - H0813137-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Erlyna Wida Riptanti, SP., M.P
2. Susi Wuri Ani, SP., M.P
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.