Penulis Utama : Dhitya Ovim Barkley Perdana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2514023
Tahun : 2019
Judul : Perancangan Kopling Pelat Gesek Sepeda Motor Menggunakan Software Borland Delphi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K2514023-2019
Subyek : BORLAND DELPHI 7, PROGRAM, PERANCANGAN KOPLING
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Teknologi informasi/ komputer saat ini mengalami perkembangan yang pesat. Pekerjaan tanpa menggunakan komputer akan sulit dan memerlukan waktu yang cukup lama dalam penyelesaiannya. Penggunaan teknologi informasi/ komputer akan meningkatkan produktivitas karena berbagai kegiatan dapat dilakukan dengan cepat, tepat, dan akurat. Salah pekerjaan yang cukup sulit dan memakan waktu lama adalah perancangan kopling pelat gesek sepeda motor. Tujuan penelitian ini adalah, Memodelkan/ menterjemahkan data grafik, tabel referensi dan rumus yang digunakan dalam perancangan kopling pelat sepeda motor ke dalam bahasa pemrograman Delphi.
Penelitian ini adalah jenis penelitian Research and Development. Penelitian ini menghasilkan produk yaitu program perancangan kopling pelat gesek sepeda motor. Pembuatan program dengan cara menterjemahkan prosedur perancangan kopling pelat ke dalam bahasa pemrograman Delphi. Waktu pembuatan program dilakukan pada bulan Juli sampai Desember 2018. Pengumpulan prosedur perancangan kopling dilakukan dengan cara studi pustaka. Pembuatan program perancangan dengan menyusun interface sesuai kebutuhan perancangan kopling yang kemudian dilakukan pemberian perintah (code). Sebelum dilakukan kompilasi dan dokumentasi program yang telah selesai dibuat akan di uji coba dan cross check.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Program perancangan kopling pelat gesek yang telah dibuat dengan software Borland Delphi 7 dapat berjalan dengan baik. (2) Penyimpangan atau perbedaan hasil setelah dilakukan cross check antara perhitungan manual dengan perhitungan program adalah 0%. (3) Perhitungan atau perancangan menggunakan program lebih efektif dibandingkan dengan perhitungan manual karena waktu yang dibutuhkan lebih sedikit.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.Eng. Nyenyep Sriwardani, S.T.,M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP