Penulis Utama : Belva Hendry Lukmana
NIM / NIP : D0310014
×

Pada Pemilihan Kepala Daerah dengan sistem pemilihan langsung kelompok-kelompok sosial dan masyarakat itu sendiri berperan sangat penting baik untuk kesuksesan Pilkada maupun para kandidat yang akan bertarung. Untuk itu menarik diteneliti seberapa besar hubungan antara Dukungan Kelompok Sosial masyarakat  dengan perilaku pemilih pada pemilihan  Kepala  Daerah Kabupaten Sukoharjo tahun 2015.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Mahzab Columbia yang sering digunakan para  peneliti terdahulu untuk menjelaskan perilaku pemilih dalam pendekatan sosiologis. Adapun hipotesa penelitian ini yaitu ada hubungan yang signifikan antara Dukungan Kelompok  Sosial Masyarakat (X) dengan Perilaku Pemilih (Y) Pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Sukoharjo Tahun 2015.

Jenis penelitian  yang digunakan  adalah penelitian survey.  Penelitian  ini berlokasi di Kabupaten Sukoharjo. Untuk tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis Area Random sampling. Tehnik pengambilan sample ini berdasarkan pada wilayah dan setiap wilayah akan diambil sampel berdasarkan proporsi sub populasi di  masing-masing wilayah yang terpilih. Untuk menguji kebenaran hipotesis dalam uji statistik, maka dalam penelitian  ini digunakan  adalah Analisa  Korelasi  Product Moment.  Dimana uji statistik ini digunakan untuk mencari korelasi antar variabel yang ada.

Pada p = 0,05, untuk N = 100, nilai kritis N=  100, sebesar 0,195. Oleh karena nilai r, = 0,252 > 0,195 dari r kritis pada p =0,05, maka untuk r, = 0,520 adalah signifikan. Pada p = 0,01 untuk N = 100 adalah sebesar 0,254.  oleh karena nilai nilai r, = 0,252 < 0 xss=removed xss=removed> r tabel pada p = 0,05 akan tetapi pada p = 0,01  r hitung > r tabel, maka hipotesis yang  menyatakan semakin tinggi Dukungan Kelompok Sosial pada kandidat tertentu maka semakin tinggi dukungan pemilih terhadap calon kepala daerah di Pilkada Kabupaten Sukoharjo 2015 dapat diterima. Hasil korelasi tersebut menunjukan   dimana  kelompok sosial seperti  keluarga, organisasi, lingkungan sosial masyarakat mempunyai kecenderungan pilihan yang sama dengan para pemilih dalam mendukung kandidat kepala daerah kabupaten Sukoharjo 2015.

Kata kunci: Dukungan Kelompok Sosial, Perilaku Pemilih, dan Pilkada

×
Penulis Utama : Belva Hendry Lukmana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0310014
Tahun : 2017
Judul : Hubungan antara dukungan kelompok sosial dengan perilaku pemilih pada pemilihan kepala daerah Kabupaten Sukoharjo Tahun 2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Sosiologi-D0310014-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. H. Bambang Wiratsasongko, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.