Penulis Utama : Irwan Yulianto
NIM / NIP : F1113026
×

Ketimpangan merupakan permasalahan pembangunan yang belum dapat dihapuskan terutama pada negara sedang berkembang. Kabupaten Sukoharjo memiliki tingkat ketimpangan yang tinggi bila dibandingkan dengan Kabupatenkabupaten lainnya di Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung tingkat ketimpangan antar kecamatan di Kabupaten Sukoharjo.
 
Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sukoharjo secara keseluruhan cenderung mengalami penurunan. Rata-rata pertumbuhan ekonomi antar kecamatan di Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2011 sampai tahun 2015 sekitar 5,42 % ,sedangkan rata-rata pertumbuhan ekonomi antar kecamatan di Kabupaten Sukoharjo masih ada yang dibawah 5,42 %. Perbedaan pertumbuhan ekonomi antar kecamatan di Kabupaten Sukoharjo mengindikasikan adanya ketimpangan pendapatan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Location Quotient (LQ), Indeks Williamson dan Tipologi Klassen.
 
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sektor Listrik, Gas dan Air Bersih termasuk sektor yang berpotensi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi antar kecamatan di Kabupaten Sukoharjo. Ketimpangan pendapatan antar kecamatan di Kabupaten Sukoharjo tahun 2011-2015 tergolong tinggi (> 0,5) yaitu sebesar 0,69.
 
Berdasarkan temuan tersebut saran yang dapat disampaikan untuk mengurangi ketimpangan pendapatan antar kecamatan di Kabupaten Sukoharjo adalah menerapkan kebijakan pembangunan yang memprioritaskan pada kecamatan-kecamatan yang relatif masih tertinggal tanpa mengabaikan kecamatan-kecamatan yang sudah maju dan tumbuh pesat.


Kata Kunci:  Ketimpangan pendapatan, Pertumbuhan ekonomi, Kab. Sukoharjo.

×
Penulis Utama : Irwan Yulianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1113026
Tahun : 2017
Judul : Analisis pertumbuhan ekonomi dan tingkat ketimpangan di Kabupaten Sukoharjo tahun 2011-2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F1113026-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nurul Istiqomah, S.E., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.