Penulis Utama : Magismita Madya Rahmahesi
NIM / NIP : F3314067
×

Penyusunan anggaran memiliki peranan penting dalam sebuah organisasi. Anggaran berguna untuk merencanakan kegiatan yang akan dilaksanakan dan untuk mengetahui dana yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut. Oleh karena itu, anggaran berfungsi sebagai alat pengendalian.

Penelitian ini dilakukan di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Wonogiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah fungsi anggaran sebagai alat pengendalian telah dilaksanakan secara efektif dan efisien sehingga dapat menurunkan masalah pengangguran. Dalam penelitian ini penulis membandingkan realisasi anggaran 4 (empat) program penanganan pengangguran pada tahun 2013-2015.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa realisasi anggaran Disnaker Kabupaten Wonogiri mengalami kenaikan pada tahun 2014 sebesar 0,93% dan penurunan sebesar 16,39% pada tahun 2015. Kinerja terbaik dalam menurunkan tingkat pengangguran terjadi pada tahun 2014 dengan presentase realisasi sebesar 95,76% dan jumlah pengangguran menurun sebanyak 1.020 jiwa. Secara keseluruhan Disnaker Kabupaten Wonogiri harus lebih meningkatkan kinerja dengan memaksimalkan anggaran sehingga masalah pengangguran dapat segera teratasi.

Kata Kunci: Realisasi Anggaran, Fungsi Pengendalian, Efisiensi.

×
Penulis Utama : Magismita Madya Rahmahesi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3314067
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi fungsi anggaran Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Wonogiri sebagai alat pengendalian dalam mengatasi masalah ketenagakerjaan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog. D III Akuntansi-F3314067-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djuminah, M.Si., Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.