Penulis Utama : Evarizki Maurien
NIM / NIP : H0815039
×

ABSTRAK Kabupaten Kebumen merupakan salah satu kabupaten yang membudidayakan budidaya pepaya salah satunya adalah pepaya California. Banyak kendala dalam usahatani pepaya California karena terdapat sebuah risiko produksi, risiko harga dan risiko pendapatan di dalamnya. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui biaya dan pendapatan yang diperoleh petani pepaya California di Kabupaten Kebumen khususnya di Kecamatan Puring dan Kecamatan Karangsambung, mengetahui tingkat risiko produksi, harga dan pendapatan usahatani pepaya California, serta mengetahui penanggulangan risiko tersebut.
Metode dasar penelitian ini adalah metode deskriptif dan analisis. Penentuan lokasi secara sengaja (purposive sampling). Penelitian dilakukan di Kebupaten Kebumen yang meliputi dua kecamatan yaitu Kecamatan Puring dan Kecamatan Karangsambung. Penentuan jumlah sampel menggunakan cara non random sampling yaitu dengan metode convenience sampling dan didapatkan 68 responden yang tebagi 34 responden petani pepaya California di Kecamatan Puring dan 34 responden petani pepaya California di Kecamatan Karangsambung. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis biaya dan pendapatan usahatani, analisis risiko produksi, analisis risiko harga dan analisis risiko pendapatan serta upaya penanggulangan risiko.
Hasil analisis usahatani menunjukkan total biaya yang dikeluarkan petani pepaya California di Kecamatan Puring per ha adalah sebesar Rp 57.527.721 sedangkan di Kecamatan Karangsambung adalah sebesar Rp 52.542.510. Rata-rata pendapatan yang diterima petani pepaya California di Kecamatan Puring yaitu Rp 239.724.291 dan Kecamatan Karangsambung sebesar Rp 194.340.521. Risiko produksi usahatani pepaya California untuk luasan 1 Ha di Kecamatan Puring untuk pepaya California grade A yaitu 0,20 dan BS adalah 0,42 sedangkan di Kecamatan Karangsambung untuk pepaya California grade A yaitu 0,23 dan BS adalah 0,42. Risiko harga usahatani pepaya California di Kecamatan Puring untuk pepaya California grade A yaitu 0,11 dan BS yaitu 0,23 sedangkan di Kecamatan Karangsambung untuk pepaya California grade A yaitu 0,16 dan BS yaitu 0,10. Risiko pendapatan usahatani pepaya California untuk luasan 1 Ha di Kecamatan Puring adalah 0,30 dan Kecamatan Karangsambung adalah 0,38. Usahatani pepaya California di Kecamatan Karangsambung lebih berisiko dibandingkan di Kecamatan Puring pada aspek harga dan pendapatan. Upaya penanggulangan risiko oleh petani masih terdapat ketidaksesuaian dengan anjuran dari penyuluh pertanian.

×
Penulis Utama : Evarizki Maurien
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0815039
Tahun : 2019
Judul : Analisis risiko usahatani buah pepaya californiad di Kabupaten Kebumen
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2019
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Pertanian-H0815039-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Agustono, M. Si.
2. Putriesti Mandasari S. P., M. Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.