Penulis Utama : Kunthi Dewi Larastuti
NIM / NIP : H0815067
×

ABSTRAK Kota Magelang merupakan salah satu daerah yang mengusahakan makanan tradisional berupa getuk. Produk getuk di Kota Magelang cukup diminati oleh konsumen. Hal tersebut terbukti dengan adanya beberapa home industry getuk yang berdiri dan berkembang di Kota Magelang. Bertambahnya pelaku usaha getuk menjadikan Getuk Trio berusaha menonjolkan produknya dengan cara tidak menggunakan bahan-bahan pengawet dan pemanis. Getuk Trio juga berusaha bersaing mendapatkan pangsa pasar di kalangan konsumennya. Getuk Trio adalah merek getuk tiga warna yang paling terkenal di Kota Magelang, berdiri pada tahun 1958. Perusahaan tersebut memproduksi 2.000 karton getuk tiga warna. Hal tersebut menunjukkan bahwa minat konsumen terhadap Getuk Trio cukup tinggi. Setiap produk getuk tiga warna yang dipasarkan dengan berbagai merek masing-masing memiliki atribut produk yang akan menjadi faktor pertimbangan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Pada umumnya, atribut produk merupakan faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen pada saat membeli produk. Semakin banyak atribut yang dimiliki sebuah produk maka semakin besar produk tersebut memengaruhi keputusan pembelian dan kepercayaan konsumen. Selain kepercayaan konsumen, persaingan harga dalam usaha getuk di Kota Magelang dapat memengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian produk. Persaingan yang ketat antar produsen getuk tiga warna menjadikan perlunya membangun ekuitas merek yang tinggi di benak konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek Getuk Trio terhadap keputusan pembelian pada konsumen Getuk Trio di Kota Magelang.  
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan analitis. Metode penentuan daerah secara purposive di Kota Magelang. Pengambilan sampel dengan metode nonprobability sampling dengan jumlah responden 115 orang. Jenis dan sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan Program SPSS.
Hasil uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa nilai signifikansi variabel kesadaran merek dan persepsi kualitas lebih besar dari alpha (5%) sedangkan nilai signifikansi variabel asosiasi merek dan loyalitas merek lebih kecil dari alpha (5%). Hal ini menunjukkan bahwa variabel kesadaran merek dan persepsi kualitas tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel asosiasi merek dan loyalitas merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian Getuk Trio di Kota Magelang.

×
Penulis Utama : Kunthi Dewi Larastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0815067
Tahun : 2019
Judul : Analisis pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian getuk trio di Kota Magelang
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2019
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Pertanian-H0815067-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Heru Irianto, M.M
2. Mei Tri Sundari, S.P., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.