Penulis Utama : Yesy Alviani Christina
NIM / NIP : D1514114
×

Abstrak

Prosedur sertifikasi benih merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan BPSBP (Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Peranian) untuk membantu para petani untuk mendapatkan benih yang sesuai dengan ketentuan oleh BPSBP (Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Pertanian) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
    Tujuan pengamatan ini adalah untuk mengetahui alur dan syarat-syarat prosedur Sertifikas Benih. Jenis pengamatan yang penulislakukan adalah observasi berperan aktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik wawancara, teknik observasi dan teknik kepustakaan di Kantor BPSBP (Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Pertanian) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
    Hasil pengamatan menunjukan bahwa prosedur Sertifikasi Benih yaitu pertama mengajukan permohonan untuk melakukan sertifikasi benih kemudian menyerahkan dokumen persyaratan permohonan kebagian pengendali mutu benih, setelah itu dilakukan pengecekan terhadap dokumen pesryaratan dari calon Produsen yang mengajukan permohonan Sertifikasi Benih, dan proses terakhiryaitu melakukan pengujian lahan yang akan digunakan, pengujian alat yang akan digunakan, pengujuan laboratorium serta yang terahkir ialah hasil dari pengujian benih yang mengikuti Sertifikasi Benih tersebut. Setelah uji laboratorium dan hasil sertifikasi dinyatakan lulus dan memenuhi syarat maka produsen akan mendaparkan label dari BPSBP. Namun label yang telah diberikan oleh BPSBP tersebut memiliki masa kadaluarsa sehingga jika masa kadaluarsa kurang dari satu menggu produsen harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan untuk mengikuti kembali pengujian dan pelabelan ulang. Manfaat yang diperoleh oleh produsen pada saat melakukan sertifikasi benih yaitu untuk meningkatkan produtivitas bagi para petani.

Kata Kunci : Mutu Benih, Prosedur Sertifikasi Benih, Uji Labolatorium

×
Penulis Utama : Yesy Alviani Christina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1514114
Tahun : 2017
Judul : Prosedur Sertifikasi Benih di BPSBP (Balai Pengawasan dan Serifikasi Benih Pertanian) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Prog. DIII Manajemen Administrasi-D1514114-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Priyanto Susiloadi, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.