Penulis Utama : Rita Ambarwati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1514092
Tahun : 2017
Judul : Sistem Pencairan Dana di Kantor Pelayanan dan Perbendaharaan Negara Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Prog. DIII Manajemen Administrasi-D1514092-2017
Subyek : ISTEM PENCAIRAN DANA, SISTEM PERBENDAHARAAN DAN ANGGARAN NEGARA
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Perbendaharaan Negara berperan penting untuk melaksanakan tugas kebendaharaan dalam rangka pelaksanaan anggaran dalam wilayah kerja tertentu yang telah ditetapkan. Ditjen perbendaharaan membuat kebijakan arah pengembangan transaksi di pemerintahan agar dilakukan dengan mengacu pada prinsip e-government. Dalam hal modernisasi anggaran dan perbendaharaan Negara diwujudkan dalam bentuk implementasi Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN). SPAN digunakan untuk mendukung otomatisasi sistem dan untuk meningkatkan efektifitas, efisiensi, akuntabilitas, dan transparansi dalam proses pencairan dana untuk meminimalisir kesalahan input manual. Tujuan pengamatan ini adalah untuk memperoleh gambaran yang lebih mendalam mengenai sistem pencairan dana di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Surakarta. Sistem pencairan dana yang digunakan di lingkungan kemenkeu adalah Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN).
Jenis pengamatan yang dilakukan penulis yaitu observasi berperan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi berperan aktif, wawancara terstruktur, dan mengkaji dokumen dan arsip.
Hasil pengamatan berkaitan dengan SPAN dalam proses Pencairan Dana di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Surakarta yang dapat dideskripsikan bahwa terdapat komponen-komponen yang mendukung sistem pencairan dana yaitu orang-orang yang mengoperasikan sistem tersebut, prosedur pencairan dana, dokumen-dokumen yang digunakan, software yang dipakai untuk memproses data organisasi, dan infrastruktur teknologi informasi, termasuk komputer dan peralatan pendukung. Staff yang terkait dalam proses pencairan dana di KPPN Surakarta meliputi, staff seksi pencairan dana, staff seksi Bank, dan staff seksi Umum.

Kata Kunci : Sistem Pencairan Dana, Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Irsyadul Ibad,.S.AB,.M.Ed,.M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP