Penulis Utama : Wiji Sutanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4311084
Tahun : 2017
Judul : Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Biologi Peserta Didik Kelas VII F Salah Satu SMP Negeri di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Biologi-K4311084-2017
Subyek : KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF, FLUENCY, FLEXIBILITY, ORIGINALITY, ELABORATION, PROBLEM BASED LEARNING
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Tujuan penelitian adalah meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran biologi di kelas VII F salah satu SMP Negeri di Surakarta melalui penerapan problem based learning.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu peserta didik yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan test, observasi, dan wawancara. Validasi data menggunakan metode triangulasi. Analisis data yaitu analisis deskriptif yang dilakukan dalam tiga komponen: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Prosedur penelitian menggunakan model spiral dari Kemmis dan Mc Taggart.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan problem based learning meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang meliputi aspek fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Persentase capaian aspek fluency pratindakan adalah 45,00% , siklus I adalah 51,79%, siklus II adalah 59,17%, dan siklus III adalah 73,33%. Persentase capain aspek flexibility pada pratindakan adalah 31,67%, siklus I adalah 33,93%, siklus II adalah 44,17%, siklus III adalah 56,67%. Persentase capaian aspek originality pratindakan adalah 18,33%, siklus I adalah 24,11%, siklus II adalah 30,00%, siklus III adalah 39,17%. Persentase capaian aspek elaboration pratindakan adalah 35,00%, siklus I adalah 41,96%, siklus II adalah 50,00%, siklus III adalah 55,83%.
Kesimpulan penelitian adalah penerapan problem based learning meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran biologi di kelas VII F salah satu SMP Negeri di Surakarta.

Kata Kunci : kemampuan berpikir kreatif, fluency, flexibility, originality, elaboration, problem based learning

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Marjono, M.Si.
2. Murni Ramli, S.P., M.Si., Ed.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP