Penulis Utama : Novita Nur Chahyanti
NIM / NIP : D1514077
×

Abstrak

Gaji adalah salah satu hal yang sangat penting bagi setiap karyawan yang berkeja dalam suatu instansi pemerintahaan, karena dengan gaji yang diperoleh seseorang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Agar pembagian gaji pegawai berjalan dengan cepat, tepat dan akurat maka diperlukan suatu administrasi dalam penggajian pegawai. Dalam suatu perusahaan administrasi merupakan hal penting dan tidak dapat dipisahkan dari proses pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perusahaan tersubut. Prosedur penggajian memerlukan perhatian khusus karena gaji merupakan komponen yang penting dalam manajemen suatu instansi pemerintahan, khususnya bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tanpa gaji, kemungkinan aktivitas kinerja pegawai akan terhenti karena tidak adanya timbal balik atas jasa mereka lakukan.
Tujuan Pengamatan ini untuk mengetahui bagaimana Administrasi Penggajian Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kantor Pertanahan Kabupaten Sragen. Pengamatan ini dilakukan dengan cara observasi berperan. Teknik pengumpulan dikumpulkan dan dilakukan melalui wawancara, observasi, dan pengumpulan dokumen.
Hasil pengamatan ini menunjukkan bahwa Administrasi Penggajian Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilakukan berdasar pada sistem aplikasi kerja GPP ( Gaji PNS Pusat) dan SPP (Surat Perintah Pembayaran) atau SPM (Surat Perintah Membayar). Penggajian Pegawai Negeri Sipil (PNS) dapat diproses jika berkas telah lengkap sesui yang telah ditentukan, pertama yaitu pembuatan daftar gaji hingga penerbitan SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) yang telah diteliti dan diverivikasi oleh kepala kantor. Administrasi Penggajian Pegawai negeri Sipil (PNS)   meliputi   RPD   (Rencana   Penaikan   Dana),   Pembuatan   daftar   gaji, pembuatan surat permintaan pembayaran, pembuatan GPP (Gaji PNS Pusat), pembuatan surat perintah membayar, pengajian data ke KPPN(Kantor Pusat Perbendaharaan Negara), penerbitan surat pencairan dana, pengesahan atau injet SPM (Surat Perintah Membayar), dan pengiriman gaji melalui rekening masing- masing Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kata Kunci : Administrasi Penggajian, Penggajian Pegawai Negeri Sipil (PNS)

×
Penulis Utama : Novita Nur Chahyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1514077
Tahun : 2017
Judul : Administrasi Penggajian Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kantor Pertanahan Kabupaten Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Prog. DIII Manajemen Administrasi-D1514077-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ali, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.