Penulis Utama : Adhi Dwi Saputra
NIM / NIP : D1514002
×

Abstrak

Penulisan Tugas Akhir ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui secara spesifik tentang prosedur pengajuan kerjasama Fasilitas Kesehatan tingkat Pertama (FKTP). Kerjasama yang dijalin FKTP dengan BPJS Kesehatan bertujuan untuk menjamin pelayanan kesehatan dasar baik berupa pencegahan, pengobatan, perawatan, dan peningkatan kesehatan peserta BPJS Kesehatan.
 Metode yang digunakan dalam pengamatan ini adalah metode pengamatan Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data pada pengamatan ini berasal dari wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen di BPJS Kantor Cabang Utama Surakarta.
Hasil pengamatan menunjukkan bahwa dalam pengajuan kerjasama FKTP dengan BPJS Kesehatan melalui beberapa tahapan. Tahap pertama yaitu pemilik atau perwakilan FKTP datang langsung ke BPJS Kesehatan menyampaikan permohonan kerjasama dan selanjutnya FKTP akan diberikan persyaratan administrasi oleh BPJS Kesehatan yang harus dipenuhi. Tahap kedua yaitu FKTP mengumpulkan berkas persyaratan administrasi yang sudah lengkap ke BPJS Kesehatan, berkas persyaratan administrasi terdiri dari formulir aplikasi pengajuan kerjasama, formulir selfassesment, dan dokumen persyaratan pendukung. Tahap ketiga yaitu BPJS Kesehatan melakukan kredensialing untuk menilai secara langsung kondisi sebernarnya di FKTP. Tahap keempat BPJS Kesehatan melakukan analisa kebutuhan fasilitas kesehatan di wilayah FKTP yang mengajukan kerjasma. Tahap kelima yaitu BPJS Kesehatan menentukan hasil pengajuan kerjasama FKTP dapat bekerjasama atau tidak. tahap terakhir BPJS  Kesehatan membuat perjanjian kerjasama yang disepakati oleh FKTP dan BPJS Kesehatan. di dalam perjanjian kerjasama FKTP dengan BPJS Kesehatan memuat antara lain hak dan kewajiban FKTP, hak dan kewajiban BPJS Kesehatan, serta ruang lingkup pelayanan FKTP yang dijamin BPJS Kesehatan.

Kata Kunci : Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Kredensialing, Selfassesment

×
Penulis Utama : Adhi Dwi Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1514002
Tahun : 2017
Judul : Prosedur Pengajuan Kerjasama Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Utama Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Prog. DIII Manajemen Administrasi-D1514002-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sakur S.U.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.