Penulis Utama : Danang Aji Priambodo
NIM / NIP : D1514026
×

Abstrak

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin modern, dewasa ini makin terbukanya aspirasi masyarakat dalam mengungkapkan kritik terhadap kualitas pelayanan publik. Pemerintah selaku pelayann publik dituntut untuk memberikan pelayanan yang optimal untuk semua program program untuk masyarakat, salah satu program yang dituntut untuk memberikan pelayanan optimal yaitu Jaminan Sosial Nasional (JSN) dibidang ketenagakerjaan, yang merupakan program untuk melindungi tenaga kerja, dengan terus berkembangnya program dan semakin banyaknya peserta jaminan ketenagakerjaan, dibutuhkan pula pelayanan yang optimal untuk kepuasan peserta jaminan ketenagakerjaan.
    Dengan latar belakang tersebut penulis mengadakan pengamatan di BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang perintis Boyolali mengenai penerapan pelayanan prima kepada peserta jaminan sosial. Pengamatan ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan pelayanan prima kepada peserta jaminan sosial pada badan penyelenggara jaminan sosial ketenagakerja KCP Boyolali, jenis pengamatan yang digunakan adalah observasi berperan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, serta mengkaji dokumen dan arsip.
Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan, penerapan pelayanan prima kepada peserta jaminan sosial ketenagakerjaan dalam bentuk beberapa aspek meliputi : process yang meliputi alur pelayanan atau prosedur, people yang meliputi sikap, perilaku, salam dan gerak petugas pelayanan dalam memberikan pelayanan prima, physical evidance meliputi aspek fisik kantor pelayanan, ketiga aspek tersebut sebagai upaya demi memberikan kepuasan bagi para peserta jaminan.
    Dari pengamatan ini menunjukan bahwa penerapan pelayanan prima kepada peserta jaminan sosial ketenagakerjaan pada BPJS Ketenagakerjaan KCP Boyolali telah dilaksanakan sesuai dengan service blueprint BPJS Ketenagakerjaan serta sesuai dengan dasar hukumnya dalam memberikan pelayanan.


Kata Kunci : Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan Pelayanan Prima

×
Penulis Utama : Danang Aji Priambodo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1514026
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Pelayanan Prima kepada Peserta Jaminan Sosial pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerja KCP Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Prog. DIII Manajemen Administrasi-D1514026-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Djoko Purwoko, SS.,MH.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.