Penulis Utama : Azyani Zulfatindayu
NIM / NIP : D0113015
×

ABSTRAK

Pendidikan inklusif merupakan model pendidikan anti diskriminasi yang memberikan kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus belajar bersama dengan anak-anak lain dalam satu ruang kelas yang sama demi mewujudkan pendidikan bagi semua. Selama ini masih terdapat masalah dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di Surakarta yaitu masalah keterbatasan akses pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dan terbatasnya kemampuan Guru Pendamping Khusus (GPK) di Surakarta. Untuk itulah diperlukan keterlibatan dari lembaga swasta dan masyarakat untuk memecahkan masalah tersebut sesuai dengan paradigma governance melalui kemitraan diantara Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Yayasan Lembaga Pendidikan Al Firdaus, dan masyarakat yang tergabung dalam Akademi Orang tua Surakarta (AORTA).

Penelitian ini melihat proses kemitraan berdasarkan teori Uhlik dan mengukur tingkat kemitraan menggunakan teori Heidenim. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemitraan dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di Kota Surakarta telah berjalan dengan baik dilihat dari aspek kemitraan yang terdiri dari hubungan, sumber daya, jaringan, dan organisasi. Berdasarkan aspek tersebut dapat diketahui bahwa kemitraan tersebut termasuk dalam tingkatan koalisi. Semua stakeholders yang terkait dengan kemitraan menjalankan peran dan tanggung jawabnya demi membuka akses pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dan peningkatan kompetensi GPK.

Kata kunci: kemitraan, pendidikan inklusif, pendidikan untuk semua.

 

×
Penulis Utama : Azyani Zulfatindayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0113015
Tahun : 2017
Judul : Kemitraan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Kota Surakarta (Studi Kemitraan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif pada Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Yayasan Lembaga Pendidikan Al Firdaus, dan Akademi Orang Tua Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu Sosia dan Ilmu Politik-Prodi Administrasi Negara-D0113015-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.