Penulis Utama : Dwi Ayu Setiyoningsih
NIM / NIP : D0113029
×

ABSTRAK

Kelurahan Jebres merupakan kelurahan yang ditunjuk oleh Pemerintah Kota Surakarta sebagai pilot project dari Kota Layak Anak. Dalam perkembangannya, maka terbentuklah Kelurahan Layak Anak di setiap kelurahan. Kelurahan Layak Anak merupakan sebutan untuk kelurahan yang menjadi pelaksana dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan akan hak-hak anak. Forum Anak Jebres (FANBRES) menjadi salah satu upaya Pemerintah Kelurahan Jebres untuk mewujudkan Kelurahan Layak Anak yang turut melibatkan anak untuk berpartisipasi dalam proses pembangunan yang ada di kelurahan.

Penelitian ini bertujuan mengetahui partisipasi Forum Anak Jebres dalam implementasi Kebijakan Kelurahan Layak Anak di Kelurahan Jebres. Teori yang digunakan adalah teori implementasi kebijakan publik dari Charles O.Jones dan teori partisipasi anak yaitu The Wheel of Participation. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan wawancara mendalam dan dokumentasi. Penentuan sumber data menggunakan purposive. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.

Implementasi Kebijakan Kelurahan Layak Anak di Kelurahan Jebres dilakukan dengan tiga tahapan,antara lain: 1) Tahapan Interpretasi dengan sosialisasi untuk penguatan organisasi, sosialisasi kesehatan reproduksi, sosialisasi bahaya merokok dan narkoba; 2) Tahapan Pengorganisasian dapat dilihat melalui cara menginformasikan kebijakan, koordinasi, pengalokasian dana atau anggaran, serta penyediaan sarana dan prasarana kebijakan; 3) Tahapan Aplikasi dengan prioritas bidang perlindungan anak, pendidikan, kesehatan serta partisipasi anak. Partisipasi Forum Anak Jebres dalam implementasi kebijakan yaitu 1) Kesempatan dalam kegiatan sosialisasi, berkoordinasi dengan stakeholders lain, mengelola anggaran sendiri serta ikut Musrenbangkel; 2) Tanggung jawab yaitu adanya peran dan komitmen Forum Anak Jebres dalam empat bidang pokok prioritas; 3) Dukungan dari Pemerintah Kelurahan Jebres, masyarakat serta orang tua anak.

Kata kunci : FANBRES, Forum Anak, Implementasi Kebijakan, Kelurahan Layak Anak, Partisipasi Anak

 

 

×
Penulis Utama : Dwi Ayu Setiyoningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0113029
Tahun : 2017
Judul : Partisipasi Forum Anak dalam Implementasi Kebijakan Kelurahan Layak Anak di Kota Surakarta (Studi tentang Partisipasi Forum Anak Jebres di Kelurahan Jebres)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu Sosia dan Ilmu Politik-Prodi Administrasi Negara-D0113029-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Yuliani, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.