Penulis Utama : David Hendra Prasetyo
NIM / NIP : K4612040
×

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli kelas XI MIPA SMA N 1 Banyudono Boyolali Tahun Pelajaran 2016 / 2017.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA N 1 Banyudono Boyolali yang berjumlah 33 siswa terdiri dari 15 siswa putra dan 18 siswa putri. Sumber data dalam Penelitian ini berasal dari siswa, peneliti/kolaborator dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang didasarkan pada analisis kualitatif persentase.

Hasil analisis menunjukan bahwa penerapan alat modifikasi pembelajarandapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar pada siklus I yang dinyatakan tuntas mencapai 66,67% atau sebanyak 22 siswa dari 33 siswa. Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada siklus II dengan prosentase sebesar 81,82% atau sebanyak 27 siswa yang tergolong kriteria Tuntas dengan KKM 75 dan 6 siswa lainnya tergolong dalam kategori Tidak Tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan alat modifikasi pembelajarandapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas XI MIPA 2 SMA N 1 Banyudono Boyolali.

Kata kunci : Hasil Belajar, Passing Bawah Bolavoli , Alat Modifikasi Pembelajaran.

 

 

×
Penulis Utama : David Hendra Prasetyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4612040
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Alat Modifikasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Peserta Didik Kelas XI MIPA 2 SMA N 1 Banyudono Boyolali Tahun Pelajaran 2016 / 2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Keguruan dan Ilmu Pengetahuan-Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4612040-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. AgusMukholid, M.Pd
2. Waluyo, S.Pd, M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.