Penulis Utama : Ahmad Syafaat
NIM / NIP : K3111007
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa. (2) kualitas hubungan interpersonal siswa. (3) kontribusi kualitas hubungan interpersonal terhadap tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangannya.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 5 Surakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 162 siswa. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan Inventori Tugas Perkembangan (ITP) dan Angket. Uji validitas pada ITP dihitung dengan korelasi product moment, sedangkan untuk angket menggunakan Microsoft excel. Analisis data untuk hipotesis pertama dan hipotesis kedua menggunakan t-tes yang kemudian diuji menggunakan uji satu Pihak (One Tail Test). Adapun untuk hipotesis ketiga menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS 20.

Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan siswa kelas XI SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 yaitu memiliki rata-rata skor yang tergolong dalam kategori sedang. Sedangkan kualitas hubungan interpersonal tersebut memiliki rata-rata skor yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan penghitungan regresi, kualitas hubungan interpersonal berkontribusi terhadap tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan sebesar 12,9 %.

Kata Kunci : tingkat pencapaian tugas-tugas perkembangan, kualitas hubungan interpersonal

 

 

×
Penulis Utama : Ahmad Syafaat
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3111007
Tahun : 2017
Judul : Tingkat Pencapaian Tugas-Tugas Perkembangan Siswa Ditinjau dari Kualitas Hubungan Interpesonal Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015 / 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Keguruan dan Ilmu Pengetahuan-Prodi Pendidikan Bimbingan dan Konseling-K3111007-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Soeharto, M.Pd
2. Ulya Makhmudah, S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.