Penulis Utama : Ida Safitri
NIM / NIP : H0813079
×

ABSTRAK

Tanaman pangan merupakan salah satu hasil dari sektor pertanian yang ada di Indonesia. Beras sebagai salah satu bahan pangan pokok menjadi salah satu potensi besar untuk dapat di produksi secara organik. Beras organik merupakan beras yang bebas dari bahan kimia buatan dan bahan lainnya yang membahayakan kesehatan sehingga aman dikonsumsi. Konsumsi beras organik oleh sebagian masyarakat menjadi hal yang penting karena kesadaran akan keamanan bahan pangan organik dan nutrisi yang terkandung dalam beras organik. Kunci keberhasilan pemasaran terletak pada pemahaman pengusaha tentang perilaku konsumen. Pemahaman mengenai perilaku konsumen akan meningkatkan jumlah penjualan yang secara langsung meningkatkan jumlah konsumsi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian beras organik di Kota Surakarta, mendeskripsikan dan menganalisis  tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan dan tingkat kinerja atribut produk beras organik serta tingkat kepuasan konsumen dalam pembelian beras organik di Kota Surakarta. Metode dasar penelitian ini adalah metode deskriptif analitik. Metode penentuan daerah penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling dan metode penentuan sampel dilakukan dengan metode judgement sampling dengan jumlah 100 responden. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah (1) desain inventaris keterlibatan konsumen (2) Importance Performance Analysis (IPA) (3) Customer Satisfaction Index (CSI).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian beras organik di Kota Surakarta tergolong tinggi dengan nilai 37,79. Hasil perhitungan IPA menunjukkan bahwa terdapat kesesuaian antara tingkat kepentingan dan tingkat kinerja atribut produk beras organik dengan rata-rata tingkat kesesuaian sebesar 94,91% yang artinya tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan dan tingkat kinerja baik dan sesuai dengan harapan konsumen. Hasil perhitungan CSI menunjukkan bahwa konsumen sudah merasa puas dalam pembelian beras organik di Kota Surakarta dengan nilai tingkat kepuasan konsumen sebesar 76,6%

 

 

×
Penulis Utama : Ida Safitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813079
Tahun : 2017
Judul : Analisis Perilaku Konsumen dalam Pembelian Beras Organik Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Pertanian-Prodi Agribisnis-H0813079-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Heru Irianto, M.M
2. Prof. Dr. Ir. Endang Siti Rahayu, M.S
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.