Penulis Utama : Rafi Harseno
NIM / NIP : K7614039
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) implementasi sistem movingclass di SMK Negeri 6 Surakarta, 2) faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi sistem moving class di SMK Negeri 6 Surakarta, 3) upaya mengatasi faktor penghambat implementasi sistem moving class di SMK Negeri 6 Surakarta.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Guru dan Siswa SMK Negeri 6 Surakarta. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) implementasi sistem moving class diSMK Negeri 6 Surakarta terbagi dalam tiga tahapan meliputi kegiatan persiapan, kegiatan pelaksanaan serta kegiatan pengawasan dan evaluasi. Kegiatan persiapan dimulai dari penyusunan jadwal pelajaran dan sosialisasi kepada guru dan siswa, pelaksanaan sistem moving class meliputi pengelolaan perpindahan peserta didik, pengelolaan ruang belajar, dan sistem moving class dalam pelaksanaan pembelajaran. Pengawasan dan evaluasi dilakulan dengan monitoring da  kontrolling yang dilakukan oleh Wakil kepala sekolah dibantu Guru bimbingan Konseling; 2) faktor pendukung dalam pelaksanaan sistem moving class di SMK Negeri 6 Surakarta adalah ketersediaan sarana prasarana yang memadai. Faktor penghamabat meliputi: kondisi kelas teori yang belum ditata sempurna, kurangnya disiplin siswa dalam perpindahan kelas membuat waktu pelajaran menjadi terpotong, kebersihan kelas tidak terjaga, dan masih ada dua kelas yang memakai satu ruangan pada waktu yang bersamaan; 3) upaya yang dilakukan SMK Negeri 6 Surakarta untuk mengatasi faktor penghambat sistem moving class meliputi: meningkatkan pengelolaan sistem moving, mengatur kembali jadwal, dan memberikan arahan kepada guru untuk menekankan kepada siswa terkait proses perpindahan kelas dan kebersihan kelas.

Kata kunci: Implementasi, Sistem Moving class.

 

×
Penulis Utama : Rafi Harseno
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7614039
Tahun : 2019
Judul : Implementasi Sistem Moving Class di SMK Negeri 6 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K7614039-2019
Kata Kunci : Implementasi, Sistem Moving class.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kristiani, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.