Penulis Utama : Rifqi Arif Zainudin
NIM / NIP : K2514052
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran diameter droplet (dC0/dB0) terhadap laju perambatan api ?(V?_f) dan mengetahui pengaruh jarak antar droplet (S/d0) terhadap laju perambatan api ?(V?_f) pada bahan bakar biosolar dalam kondisi microgravity.
Metode penelitian yang digunakan merupakan metode eksperimen. Instrumen uji dibuat untuk menempatkan droplet bahan bakar di dalam sistem pembakaran. Instrumen uji dijatuhkan dari drop tower dengan ketinggian 6m. Diameter droplet (dC0/dB0) divariasi dengan ukuran 0.5, 1.0, 1,5 mm pada jarak droplet (S/d0) = 5,6,7,dan 8, dengan percobaan dilakukan sebanyak tiga kali. Perambatan api di dalam instrumen uji dilihat dan direkam oleh kamera PENTAX Q 30 fps.
Hasil ditemukan laju perambatan api tertinggi terdapat pada ukuran diameter droplet (dC0/dB0) = 0.5 dengan nilai laju perambatan api 150 mm/s pada jarak antar droplet (SBC/dB0) = 5. Pengujian dengan jarak antar droplet 8 menunjukkan laju perambatan api terendah untuk diameter droplet 1,5 dengan nilai laju perambatan api 8 mm/s. Pertambahan diameter droplet menyebabkan luas permukaan droplet menjadi semakin besar sehingga waktu perambatan api (t_fBC) semakin menurun.  Jarak antar droplet yang semakin besar menyebabkan waktu perambatan api (t_fBC) menurun. Penelitian ini menunjukkan hasil waktu perambatan api (t_fBC) meningkat dan laju perambatan api ?(V?_f)  menurun seiring dengan bertambahnya ukuran diameter droplet (dC0/dB0) kemudian waktu perambatan api (t_fBC)  meningkat dan laju perambatan api menurun ?(V?_f) seiring dengan bertambahnya jarak antar droplet (dC0/dB0).

 

×
Penulis Utama : Rifqi Arif Zainudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2514052
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Ukuran Diameter Droplet dan Jarak antar Droplet terhadap Laju Perambatan Api (Flame) pada Fixed Droplet Arrangement
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K2514052-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng Herman Saputro, M.Pd., M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.