Penulis Utama : Ayu Iqlima
NIM / NIP : H0813029
×

ABSTRAK

Sektor pertanian merupakan sektor yang mempunyai peranan strategis dalam struktur pembangunan perekonomian nasional. Indonesia menempati peringkat ketiga sebagai negara dengan penyedia beras terbesar di dunia pada tahun 2009-2013. Upaya penyediaan beras untuk memenuhi kebutuhan konsumsi nasional bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, namun juga menjadi tanggungjawab pihak-pihak swasta atau individu-individu yang memiliki orientasi bisnis terkait pasca panen padi.  Pada prinsipnya penanganan pasca panen meliputi beberapa tahap kegiatan, salah satunya tahapan penggilingan. Penggilingan padi memiliki peran yang sangat penting, peranan ini tercermin dari besarnya jumlah penggilingan padi, dan menyebar hampir merata di seluruh daerah sentra produksi padi di Indonesia.

Tujuan penelitian ini (1) mengetahui besarnya pendapatan dan keuntungan usaha penggilingan padi di Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo, (2) mengetahui besarnya tingkat efisiensi usaha penggilingan padi di Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo, dan (3) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usaha penggilingan padi di Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo. Pengambilan lokasi kecamatan dan desa sampel dilakukan secara purposive, yaitu Kecamatan Pituruh dengan sampel 29 desa, dengan alasan merupakan kecamatan dengan jumlah usaha penggilingan padi di terbanyak di Kabupaten Purworejo. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive  sampling sebanyak 32 orang. Jenis dan sumber data yang digunakan terdiri atas data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha penggilingan padi di Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo dalam aktivitasnya memperoleh pendapatan dan keuntungan. Pendapatan rata-rata yang diperoleh usaha penggilingan padi jasa (maklon) sebesar Rp 4.572.350,39 per bulan, usaha penggilingan padi komersil (non maklon) Rp 39.427.500,00 per bulan, dan usaha penggilingan padi gabungan Rp 25.642.636,81 per bulan. Keuntungan rata-rata yang diperoleh usaha penggilingan padi jasa (maklon) sebesar Rp 3.028.368,59 per bulan, usaha penggilingan padi komersil (non maklon)Rp 31.568.996,35 per bulan, dan usaha penggilingan padi gabungan Rp 22.200.578,64 per bulan. Usaha penggilingan padi di Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo yang dijalankan selama ini sudah efisien yang ditunjukkan dengan R/C ratio lebih dari satu, yaitu sebesar 1,97 untuk usaha penggilingan padi jasa (maklon), yang berarti setiap Rp 1,00 biaya yang dikeluarkan dalam kegiatan usaha penggilingan padi memberikan penerimaan sebesar 1,97 kali dari biaya yang dikeluarkan. R/C ratio untuk usaha penggilingan padi komersil (non maklon) yaitu sebesar 1,22, dan usaha penggilingan padi gabungan sebesar 1,14. Faktor yang mempengaruhi pendapatan usaha penggilingan padi di Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo adalah jumlah Gabah Kering Giling (GKG) dan umur pemilik atau pengelola usaha penggilingan padi. Jumlah GKG (Gabah Kering Giling) dan umur pemilik atau pengelola usaha penggilingan padi berpengaruh positif terhadap pendapatan yang diperoleh pengusaha penggilingan padi. Faktor lain yang diuji yaitu ongkos giling, luas lantai jemur, modal, pengalaman usaha, dan tenaga kerja, tidak berpengaruh nyata terhadap pendapatan usaha penggilingan padi di Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo.

 

<!--[if gte mso 9]><xml>1111</xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml></xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml>MicrosoftInternetExplorer402DocumentNotSpecified7.8 ?Normal0</xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

 

×
Penulis Utama : Ayu Iqlima
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813029
Tahun : 2017
Judul : Analisis Pendapatan Usaha Penggilingan Padi di Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Pertanian-Prodi Agribisnis-H0813029-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si.
2. Mei Tri Sundari, SP., MSi.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.