Penulis Utama : Jivana Zulfi
NIM / NIP : H0813095
×

ABSTRAK

Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan dalam subsektor perkebunan di Indonesia karena memiliki peluang pasar yang baik di dalam negeri maupun luar negeri. Produsen minuman kopi terus mengembangkan produknya, dari mulai hanya menjual kopi bubuk, kemudian menjual kopi instan hingga munculnya kopi instan White Coffee. Kopi instan diproduksi karena perubahan perilaku konsumen. Perubahan pola makan atau minum konsumen, biasanya terjadi pada masyarakat perkotaan. Kecamatan Kebumen merupakan wilayah perkotaan di Kabupaten Kebumen dan merupakan jantung kota di Kabupaten Kebumen. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Kebumen, Kelurahan Tamanwinangun, Kelurahan Bumirejo, dan Desa Kutosari serta bertujuan untuk mengetahui preferensi dan atribut yang paling dipertimbangkan konsumen terhadap pembelian kopi instan White Coffee di Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen.

Metode dasar penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan teknik survei kepada responden secara langsung. Penelitian ini dilakukan kepada responden yang pernah membeli kopi instan White Coffee dengan jumlah 96 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik convenience sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner dengan wawancara. Data primer kemudian diolah menggunakan chi square yang dioperasikan melalui program SPSS dan analisis multiatribut fishbein.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi konsumen terhadap pembelian kopi instan White Coffee di Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen berdasarkan atribut yang ada yaitu varian rasa = original; promosi = bonus pembelian; kemasan = tampilan menarik; dan jaminan = halal; serta produk yang disukai adalah merek Luwak White Koffie. Atribut kopi instan White Coffee yang paling dipertimbangkan dalam keputusan pembelian kopi instan White Coffee di Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen adalah atribut merek dengan urutan atribut dari yang paling dipertimbangkan sampai dengan yang kurang dipertimbangkan adalah atribut merek, varian rasa, jaminan, promosi, dan kemasan.

 

 

<!--[if gte mso 9]><xml>1111</xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml></xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml>MicrosoftInternetExplorer402DocumentNotSpecified7.8 ?Normal0</xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

 

×
Penulis Utama : Jivana Zulfi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813095
Tahun : 2017
Judul : Analisis Preferensi Konsumen terhadap Pembelian Kopi Instan White Coffee di Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Pertanian-Prodi Agribisnis-H0813095-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si.
2. Mei Tri Sundari, SP., MSi.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.