Penulis Utama : Andri Wahyaningrum
NIM / NIP : K3110005
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan self management terhadap peningkatan  kemandirian belajar peserta didik kelas VIII MTs Karanggede. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen Treatment by Subjects Designs. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Subjek pada penelitian ini berjumlah 112 peserta didik kelas VIII. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala likert kemandirian belajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus t-test dengan memanfaatkan aplikasi SPSS.

Hasil uji t-test menunjukkan nilai t-hitung sebesar 26,941 dan t-tabel sebesar 2,042, sehingga t-hitung > t-tabel. Hasil penelitian menunjukkan self management efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Saran berdasarkan hasil penelitian adalah bahwa perlu penerapan teknik self management pada pelaksanaan bimbingan kelompok di MTs Karanggede agar mampu mendorong pengembangan kemandirian belajar peserta didik.

Kata Kunci : bimbingan kelompok, self management, kemandirian belajar

 

 

×
Penulis Utama : Andri Wahyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3110005
Tahun : 2017
Judul : Self-Management dengan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTSN Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Keguruan dan Ilmu Pengetahuan-Prodi Pendidikan Bimbingan dan Konseling-K3110005-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Mudaris Muslim, M.Psi
2. Rian Rokhmad Hidayat, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.