Penulis Utama : Rahma Rahadianing Azmi
NIM / NIP : S351308043
×

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis kedudukan serta bagian harta warisan untuk janda dalam praktik pembagian harta warisan pada masyarakat muslim di kauman Surakarta.
Dalam penulisan tesis ini menggunakan metode penelitian empiris. Data primer dan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka dan wawancara dengan subyek penelitian, yaitu mereka yang terkait dalam pelaksanaan pembagian waris untuk janda di kauman Surakarta.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa, janda tidak mendapatkan harta warisan dari suami yang meninggal dunia tapi janda tetap dapat menggunakan atau menguasai harta warisan tersebut untuk membiayai kebutuhan hidupnya dan memlihara anak-anaknya. Pembagian waris bagi janda pada masyarakat kauman Surakarta yang ditinggal meninggal dunia oleh suaminya, janda tidak mendapatkan bagian dari harta peninggalan suami dikarenakan harta peninggalan tersebut belum dilakukan pembagian waris.
Disarankan hendaknya pemerintah khususnya kelurahan kauman Surakarta memberikan penyuluhan mengenai warisan kepada warga kelurahan kampung kauman Surakarta, agar mereka mengetahui cara pembagian waris. Ditakutkan jika tidak dilakukan pembagian waris secara cepat akan menimbulkan masalah dikemudian hari.

 

×
Penulis Utama : Rahma Rahadianing Azmi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S351308043
Tahun : 2017
Judul : Kedudukan Janda Dalam Praktik Pembagian Harta Warisan Pada Masyarakat Muslim di Kauman Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Kenotariatan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Kenotariatan-S351308043-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Burhanudin Harahap, SH., MH., MSI., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.