Penulis Utama : Rizqina Yudha Rahmaningtyas
NIM / NIP : R0313046
×

Latar Belakang: angka kejadian kasus anemia pada ibu hamil sebanyak 12,5% (96 angka kejadian dari 768 kehamilan) sedangkan untuk kejadian kasus ibu hamil dengan KEK 46,84%). Masalah yang terjadi pada ibu hamil Anemia ringan dengan KEK pada ibu adalah perdarahan dan pertumbuhan janin terhambat atau IUGR.
Tujuan: Untuk mempelajari dan memahami penatalaksanaan asuhan kebidanan pada kasus ibu hamil dengan Anemia Ringan dan KEK di Puskesmas Karanganyar secara komprehensif.
Metode: Penelitian ini menggunakan bservasional deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian Ibu hamil dengan Anemia Ringan dan Kekurangan Energi Kronis (KEK). Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Karanganyar. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan format pengkajian asuhan kebidanan pada ibu hamil  D III Kebidanan FK UNS, observasi dan studi dokumen rekam medik. Analisis data dilakukan secara deskriptif berdasar 7 langkah Varney.
Hasil: Ibu hamil mengatakan bahwa sering merasa lemas, pusing, mual dan cepat lelah saat beraktifitas. Pasien diberikan suplemen/ vitamin dan makanan tambahan/ PMT. Dalam kasus ini dilakukan pemantauan vital sign dan pemeriksaan laboratorium darah rutin.
Kesimpulan: Setelah dilakukan pemantaun selama 1 bulan keadaan umum ibu membaik. Keluhan pusing, lemas dan cepat lelah berkurang. Peningkatan berat badan ibu lumayan baik yaitu dari 46 kg menjadi 48 kg, ukuran LILA juga mengalami peningkatan yaitu dari 20,5 cm menjadi 22 cm. Selain itu kadar Hb ibu meningkat dari 10,2 g/dl menjadi 11,5 g/dl sehingga ibu mengalami perbaikan keadaan dari anemia defisiensi besi ringan menjadi tidak mengalami anemia.

 

×
Penulis Utama : Rizqina Yudha Rahmaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0313046
Tahun : 2019
Judul : Asuhan Kebidanan Ibu Hamil pada Ny. R Umur 36 Tahun G4P2A1 Umur Kehamilan 25+5 Minggu dengan Anemia Ringan dan KEK di Puskesmas Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-3 Kebidanan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Prog. DIII Kebidanan-R0313046-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Hardiningsih, S.ST.,M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.