Penulis Utama : Nabila Al Fatihah
NIM / NIP : F3616042
×

ABSTRAK
Tujuan pengamatan ini adalah untuk mengetahui adanya peran serta Audit Internal terhadap pengendalian Sistem Manajemen Mutu berdasarkan analisis Tingkat Kesehatan Bank pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Pasar Kliwon, dimana agar para pembaca mengetahui pentingnya dalam memilih bank yang sehat.
Dalam pengamatan ini Penulis menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analitis dengan cara menganalisa suatu hasil penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data yang diperoleh dari Laporan Keuangan Tahunan pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Pasar Kliwon yang dianalisis melalui aspek CAMEL. Dengan metode ini diperoleh hasil peran serta Audit Internal terhadap pengendalian Sistem Manajemen Mutu berdasarkan analisis Tingkat Kesehatan Bank pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Pasar Kliwon. Dimana Penulis juga melakukan wawancara dengan Kepala Unit serta staff PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Pasar Kliwon untuk mendapatkan data tambahan atau data pendukung.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Pasar Kliwon pada periode 2016-2018 tersebut berada pada predikat sehat, dikarenakan rata-rata nilai kreditnya diatas 80% atau termasuk dalam kategori nilai antara 81-100 dimana nilai tersebut memiliki predikat sehat. Dimana nilai pada tahun 2016 sebesar 90,52, pada tahun 2017 sebesar 90,89 dan pada tahun 2018 sebesar 88,32 dan analisa selama periode 3 tahun tersebut rasio PT. Bank Rakyat Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan. Walaupun sedikit ada penurunan pada tiap tahunnya, namun masih tetap berada pada predikat sehat.
Peneliti memberikan saran untuk PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Pasar Kliwon agar selalu menilai atau mengontrol kondisi Laporan Keuangan pada tiap tahunnya dan dilakukan pengkajian ulang terhadap peraturan pada PT. Bank Rakyat Indonesia. Kemudian sebaiknya meningkatkan penyediaan kecukupan modal, kinerja keuangan dan kemampuan kewajiban jangka pendek untuk mempertahankan predikat sebagai bank sehat, yang memiliki aset terbesar sebagai salah satu bank milik pemerintah di Indonesia.

Kata kunci: Kesehatan Bank, Rasio Keuangan, dan Tata Kelola Perusahaan

 

×
Penulis Utama : Nabila Al Fatihah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3616042
Tahun : 2019
Judul : Peran serta audit internal terhadap pengendalian sistem manajemen mutu berdasarkan analisis tingkat kesehatan BANK (Studi Kasus Pada Bri Unit Pasar Kliwon)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi - 2019
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi Prog. DIII Keuangan Perbankan-F3616042-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ariyanto Adhi Nugroho, SE, M.Ec.dev, MAPPI Cert.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.