Penulis Utama : Yoni Galih Priyonggo Jati
NIM / NIP : D0309055
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi kaum muda dalam industri kreatif otomotif dan mengetahui tindankan pelaku dalam industri kreatif otomotif dan faktor• faktor untuk mengembangkan dan menjaga kelangsungan usaha.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam menggali data-data dari lapangan, yaitu melalui teknik wawancara mendalam, dan observasi langsung. Data primer diperoleh dari hasil wawancara. Untuk menguji validitas data digunakan triangulasi data yaitu merupakan teknik pemeriksaan keabsahan data dengan memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu seperti dokumentasi gambar. Triangulasi mencerminkan suatu upaya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai fenomena yang sedang diteliti. Pengambilan sampel penelitian ini adalah melalui purposive  sampling yaitu pemilihan sampel secara sengaja dengan maksud menemukan apa yang sesuai dengan tujuan penelitian.

Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa proses kreatif modifikasi yang dilakukan oleh kaum muda merupakan proses kreasi dan seni dalam menciptakan karya bemilai estetis.Tindakan tersebut meliputi bagaimana konsep rombakan modifikasi yang diterapkan pada kendaraan, namun tidak berhenti pada konsep atau gagasan saja. Konsep atau gagasan tersebut harus dapat diwujudkan  dan diterima oleh masyarakat. Artinya industri kreatif harus memperhatikan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat saat menciptakan karya modifikasi. Kemudian terdapat hubungan terus-menerus di dalam industri kreatif otomotif antara para konsumen dengan pemilik workshop. Event otomotifjuga berperan penting, seperti di HACKA CRAFT bahwa event berguna untuk media promosi dengan jalan membuka serta demo. Begitu pula pada AKABONCU dan PIT SETOP event merupakan media untuk menilai seberapa jauh karya yang telah dibuat dan juga  sebagai promosi dari workshop. Dalam hal ini tentunya kaum muda sebagai pelaku harus dapat terus berkreasi  serta terus memberikan ide-ide kreatif agar kedepanyanya industry kreatif ini dapat masuk pada pasar intemasional secara luas.

×
Penulis Utama : Yoni Galih Priyonggo Jati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0309055
Tahun : 2016
Judul : Potensi kaum muda dalam perkembangan industri kreatif otomotif
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Sosiologi-D0309055-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ahmad Zuber, S.Sos, D.E.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.