Penulis Utama : Re Safitri Nur Ida Kusuma Wardhani
NIM / NIP : B0215062
×

Penelitian ini memfokuskan pada bentuk-bentuk penyebaran wacana feminisme Barat yang dilakukan oleh Indonesia Feminis melalui kritik sastra dari bunga rampai esai berjudul Membunuh Hantu-Hantu Patriarki karya Dea Safira, serta opini dan artikel dari Konde.co dan Magdalene.co.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) seperti apa identitas Indonesia Feminis sebagai salah satu agen gagasan feminisme Barat di Indonesia? (2) bagaimana  bentuk dari kritik sastra forum Indonesia Feminis (3) mengapa Indonesia Feminis memunculkan  kritik sastra feminis sebagai praktik dalam penyebaran wacana feminisme Barat?
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana proses penyebaran wacana feminis Barat yang dilakukan oleh forum Indonesia Feminis dalam menyebarkan wacana feminisme Barat di Indonesia melalui kritik sastra.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah objek material penelitian ini adalah akun media sosial Indonesia Feminis, buku berjudul Membunuh Hantu-Hantu Patriarki karangan Dea Safira dan artikel dari laman Konde.co dan Magdalene.co yang merupakan representasi dari ideologi feminisme dari forum-forum berideologi feminis. Objek formal penelitian ini adalah kaidah ideologi feminisme dalam Indonesia Feminis dalam praktik kritik sastra di Indonesia sebagai suatu penyebaran wacana feminisme Barat. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data tertulis dari kumpulan esai Membunuh Hantu-Hantu Patriarki karya Dea Safira, dan laman portal media Konde.co dan Magdalene.co.
 Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa teknik teknik catat dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan ialah metode dialektik. Teknik penyajian data berupa ragam induktif yaitu data yang bersifat khusus ditarik untuk memperoleh simpulan yang bersifat umum.
Dari analisis ini dapat disimpulkan: (1) Indonesia Feminis merupakan forum berplatform media digital yang berbasis melalui Facebook, Instagram, Twitter, dan YouTube. Indonesia Feminis berafiliasi secara terselubung dengan Magdalene.co dan Konde.co. (2) Indonesia Feminis memiliki kecenderungan untuk berperspektif feminisme radikal. Postingan Indonesia Feminis dalam Instagram, YouTube, hingga isi dari buku Membunuh Hantu-Hantu Patriarki sangat kental dengan perspektif feminisme radikal.(3) Melalui kritik sastranya, IF memberi jalan bagi perempuan Indonesia untuk meninggalkan jejak budaya patriarki mereka melalui wacana feminis Barat yang diberikan oleh IF, sehingga perempuan Indonesia dapat merasakan representasi diri milik feminis Barat.


Kata kunci: kritik sastra feminis, feminis pascakolonial, dekonstruksi, Indonesia Feminis

×
Penulis Utama : Re Safitri Nur Ida Kusuma Wardhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0215062
Tahun : 2019
Judul : Kritik sastra feminis terhadap indonesia feminis: kajian feminisme pascakolonial
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Jur. Sastra Indonesia-B0215062-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dwi Susanto, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.