Penulis Utama : Indra Karta Sasmita
NIM / NIP : E0015187
×

Abstrak
Penulisan hukum ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan hukum Online Dispute Resolution (ODR) di Indonesia dan konsekuensi hukum terhadap penyelesaian sengketa e-commerce yang menggunakan metode Online Dispute Resolution (ODR).
Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif. Sifat penelitian yang digunakan adalah penelitian preskriptif. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan komparatif (comparative approach). Jenis data penelitian yang digunakan adalah data sekunder. Teknik pengumpulan sumber data penelitian yang digunakan yaitu studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deduksi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Undang-Undang Nomor 30 Tahun 1999 tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, serta Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan belum mengatur secara jelas tentang ODR tetapi dari peraturan perundang-undangan tidak melarang tentang penggunaan ODR karena tidak menyalahi aturan yang berarti masih ada celah untuk digunakan dalam penyelesaian sengketa. Konsekuensi dari penggunaan ODR ini adalah putusan ODR dapat dilaksanakan di Indonesia dengan cara mengintepretasi putusan ODR dengan putusan arbitrase internasional sehingga putusan tersebut dapat dilaksanakan sesuai Undang-Undang Nomor 30 Tahun 1999 tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa.
Kata Kunci : Penyelesaian sengketa; E-commerce; Online Dispute Resolution

×
Penulis Utama : Indra Karta Sasmita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0015187
Tahun : 2019
Judul : Penyelesaian Sengketa E-Commerce Melalui Online Dispute Resolution (ODR)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0015187-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Adi Sulistiyono, S.H.,M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.