Penulis Utama : Muhammad Isnaini Nur Iqbal
NIM / NIP : E0015232
×

Abstrak
Penelitian ini mendeskripsikan dan mengkaji permasalahan, pertamabagaimanakah pengaturan ekonomi syariah tentang investasi dan dalam pengelolaan dana umrah. Kedua bagaimanakah akad mudharabah dan akad wadi‘ah yad dhamanah dalam pengelolaan dana umrah berbasis investasi.
Penelitian ini adalah penelitian hukum doktrinal atau normatif bersifat preskriptif. Jenis data sekunder meliputi bahan hukum primer, dan sekunder. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan Perundang-undangan dan konseptual. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan yang didukung dengan wawancara, instrumen penelitian berupa Al Quran, Hadits dan ijma‘ ulama, selanjutnya teknis analisis yang digunakan adalah metode deduktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islam merupakan agama yang pro investasi. Di dalam akad mudharabah, Sha?ibul mal tidak berhak meminta jaminan pengembalian modal kecuali mudharib secara sukarela menjaminnya. Dalam akad wadi‘ah yad dhamanah timbul yang namanya dhaman atau tanggung jawab dari penerima titipan untuk mengembalikan barang dari penitip, dan penitip dapat sewaktu-waktu mengambil barang tersebut. Akadmudharabah dan wadi‘ah yad dhamanah dalam pengelolaan dana umrah harus tetap menjamin terpenuhinya hak dan pelayanan jamaah
Kata kunci : Umrah, Investasi, Akad, Mudharabah, Wadi‘ah

 

×
Penulis Utama : Muhammad Isnaini Nur Iqbal
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0015232
Tahun : 2019
Judul : Akad Mudharabah dan Wadi‘Ah Yad Dhamanah dalam Pengelolaan Dana Umrah Berbasis Investasi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0015232-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Rianto, S.H., M.Hum.
2. Luthfiyah Trini Hastuti, S.H., M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.