Penulis Utama : Ratih Shofia Azizah
NIM / NIP : F0215091
×

Dalam dekade terakhir perkembangan teknologi dan informasi sudah mulai memasuki semua industri, termasuk industri jasa keuangan. Salah satu yang populer dalam industri jasa keuangan adalah bancassurance. Bancassurance merupakan sebuah bentuk kerjasama antara bank dan perusahaan asuransi, dimana bank akan menawarkan atau menjual produk asuransi untuk nasabah.

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris tentang pengaruh bancassurance pada kinerja bank umum di Indonesia. Selain itu penulis juga meneliti tentang kontribusi stretegi diversifikasi dalam bancassurancedalam meningkatkan kinerja bank umum. Untuk menganalisis penelitian ini menggunakan analisis data regresi linier sederhana dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan populasi sebanyak 254 perusahaan dan sampel 80 observasi pada bank umum di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2013 hingga 2017.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bancassurance dalam kegiatan bank di Indonesia memberikan pengaruh negatif signifikan terhadap kinerja perbankan. Pengaruh negatif terjadi karena kontribusi bancassurance yang kecil terhadap pendapatan bank. Selanjutnya tidak ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara bancassurance dan kinerja perbankan dengan penggunaan variabel moderasi strategi diversifikasi dengan konsentrasi yang rendah.

 

Kata Kunci: Bancassurance, Kinerja Bank, Strategi Diversifikasi

×
Penulis Utama : Ratih Shofia Azizah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0215091
Tahun : 2019
Judul : Dampak bancassurance terhadap kinerja bank umum di Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-FEB Jur. Manajemn-F0215091-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Heru Agustanto, S.E., M.SM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.