Penulis Utama : Audiba Tunggadewi Kusuma
NIM / NIP : G0113020
×

Beasiswa Afirmasi Pendidikan Papua merupakan salah satu progam afirmatif dari pemerintah yang ditujukan untuk masyarakat yang berasal dari Papua dan Papua Barat. Selama menjalani proses belajar di Universitas Sebelas Maret, mahasiswa  ADiK-Papua  mengalami  beberapa  permasalahan  seperti  perolehan nilai yang rendah, permintaan pengunduran diri dan pindah jurusan yang tinggi, serta waktu tempuh studi yang lama. Prestasi akademik yang rendah pada mahasiswa dapat berkorelasi dengan penyesuaian akademik yang rendah. Penyesuaian akademik adalah motivasi untuk belajar, mengambil tindakan dalam rangka memenuhi tuntutan akademik, tujuan yang jelas dan kepuasan akan lingkungan akademik. Keberhasilan mahasiswa dalam menyesuaikan diri terhadap bidang akademik dapat dilihat dari prestasi akademik, yaitu nilai-nilai optimal yang diperoleh melalui indeks prestasi kumulatif serta ketepatan waktu dalam menyelesaikan studi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai penyesuaian akademik mahasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi Papua yang menuntut ilmu di Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan desain fenomenologi  yang  diharapkan  dapat  menggali  fokus penelitian  secara mendalam. Subjek dalam penelitian ini adalah empat mahasiswa afirmasi yang memiliki capaian prestasi akademik yang berbeda-beda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara.
Hasil  penelitian  ini  menjelaskan  tentang  gambaran  penyesuaian  akademik yang telah dialami oleh keempat subjek dan menganalisis faktor yang mempengaruhi penyesuaian akademik. Berdasarkan hasil penelitian, subjek yang melakukan penyesuaian diri dengan baik adalah Subjek 3, sedangkan peringkat selanjutnya adalah Subjek 2, Subjek 1, dan Subjek 4 dalam urutan terakhir. Beberapa faktor yang mempengaruhi penyesuaian akademik yang ditemukan di dalam  penelitian  ini  adalah  keaktifan  selama  berada  di  bangku  SMA,  relasi dengan teman atau sahabat, relasi dengan orangtua, relasi dengan dosen, minat subjek terhadap bidang studi yang digeluti, dan tujuan yang ingin dicapai.

Kata kunci: Beasiswa afirmasi, penyesuaian akademik, prestasi akademik, mahasiswa Papua

 

×
Penulis Utama : Audiba Tunggadewi Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0113020
Tahun : 2019
Judul : Penyesuaian akademik mahasiswa Afirmasi pendidikan tinggi Papua (ADIK-PAPUA) di Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2019
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog Studi Psikologi-G0113020-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hardjono, M. Si.
2. Mahardika Supratiwi, S.Psi., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.