Penulis Utama : Rida Amalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0415047
Tahun : 2019
Judul : Perkebunan Tembakau Mangkunegaran di Kabupaten Klaten Tahun 1961-1966.
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ilmu Budaya Program Studi Sejarah-
Subyek : MANGKUNEGARAN, TEMBAKAU VORSTENLANDEN, KLATEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) kondisi tanah dan status perkebunan di kabupaten Klaten (2) Situasi, kondisi dan fluktuasi perusahaan perkebunan tembakau Dana Miik Mangkunegaran (3) Hambatan- hambatan produksi perkebunan tembakau Dana Milik Mangkunegaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran jalannya perusahaan perkebunan tembakau  Dana  Milik  Mangkunegaran  di  kabupaten  Klaten  dari  tahun  1961 sampai dengan tahun 1966.
Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang dimulai dengan tahap heuristik yaitu pengumpulan sumber data yang berupa arsip milik Reksa Pustaka Mangkunegaran, artikel, jurnal, buku-buku referensi serta wawancara dengan beberapa pengelola dan pegawai perkebunan tembakau Mangkunegaran di kabupaten Klaten. Tahap kedua yaitu kritik sumber yaitu menilai atau mengkritik sumber, baik itu intern maupun ekstern. Tahap ketiga yaitu interpretasi yaitu tahap penafsiran sumber yang dapat dipercaya. Tahap terakhir yaitu historiografi yaitu menuliskan laporan penelitian dengan menyajikan semua fakta dalam bentuk tulisan sejarah.
Hasil penelitian ini bahwa pengusahaan perkebunan tembakau Dana Milik Mangkunegaran  dilakukan  di  kabupaten  Klaten  dengan  pertimbangan  kondisi areal dan tanah di Klaten yang subur dan cocok untuk tanaman perkebunan tembakau Vorstenlanden. Berdasarkan situasi, kondisi dan fluktuasinya dari tahun
1961 samapai dengan tahun 1966 perusahaan perkebunan tembakau Mangkunegaran diusahakan di daerah yang berbeda tingkat kesuburan tanahnya dan berbeda pegelolaannya berdasarkan aturan-aturan yang sudah dibuat oleh pemerintah  daerah  Klaten.  Pada  pengelolaannya,  Perkebunan  tembakau  Dana Milik Mangkunegaran menemui berbagai hambatan-hambatan yang ikut mempengaruhi   hasil   produksi   tembakau,   sehingga   produksi   perkebunan mengalami  kenaikan  dan  penurunan  hasil  panen.  Seiring  dengan perkembangannya hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah yang berat bagi perusahaan Dana Milik Mangkunegaran karena kenaikan dan penurunan tidak terlalu drastis dan pihak perusahaan masih bisa menangani.

Kata kunci : Mangkunegaran, Tembakau Vorstenlanden, Klaten

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Legal A Rida A.pdf
Cover.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sudarno, MA
2. Drs. Suharyana, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya