Penulis Utama : Risma Susanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0415049
Tahun : 2019
Judul : Program perbaikan rumah di Karesidenan Surakarta tahun 1915 – 1938
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ilmu Budaya Program Studi Sejarah-B0415049-2019
Subyek : PERBAIKAN RUMAH, SURAKARTA, KAMPONGVERBETERING
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :


Penelitian ini membahas mengenai perbaikan rumah di Surakarta dengan rumusan masalah : (1) Bagaimana kondisi Surakarta dan Perkampungan rakyat di masa kolonial tahun 1915- 1938 ? (2) Apakah  yang menjadi latar belakang dari program perbaikan rumah dan bagaimana pelaksanaan program perbaikan rumah di Surakarta tahun 1915 - 1938? (3) Bagaimana kebijakan dan peran pemerintah serta upaya terhadap program perbaikan rumah di Surakarta tahun 1915- 19138 ?

Sejalan dengan penelitian tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yaitu Heuristik ( pengumpulan sumber ), Kritik Sumber ( Kritik Intern dan Kritik Ekstern ), Interpretasi penulis dan terakhir yaitu Historiografi. Sumber – Sumber yang didapat adalah sumber dari peninggalan pemerintah Hindia Belanda  yaitu  berupa  ;  Staatsblad,  Verslag  van  Kampongverbetering  Commissie, Nota Over De Woningverbetering Inverband met Staatsblad 1914 No. 486 dan berkas
– berkas lainya seperti Memorie Van Overgave, Besluit serta koran – koran sejaman yang berkaitan dengan perbaikan rumah atau penyebabnya, seperti koran Het Niews Van Den Dag, Oost Java Niews dan lainya.

Berdasarkan analisis terhadap sumber – sumber yang didapat , maka dapat disimpulkan  program  perbaikan  rumah  di  Surakarta  dimulai  pada  tahun  1915. Terdapat kriteria bangunan atau rumah sehat yang harus diwujudan dalam program perbaikan rumah. Peran pihak kolonial dan kerajaan terlihat dalam kebijakan dan perintahnya untuk segera mencari penyelesaian masalah wabah melalui bantuan uang muka. Dukungan terlihat dari adanya bantuan hibah dari pemerintah kolonial untuk program kampongverbering. Kerajaan juga ikut serta dalam mendukung program ini yaitu dengan memberi wawasan yang lebih luas mengenai kesehatan dan hidup yang sehat. Sebanyak 38. 924 rumah telah diperbaiki sampai tahun 1920 di Surakarta. Terdapat hambatan dalam pelaksanaan program yaitu ketidak sanggupan masyarakat untuk mengembalikan uang muka yang dipinjamkan sebagai uang muka awal perbaikan rumah dan tingginya idealisme rakyat yang anti kolonial.

Kata kunci : Perbaikan Rumah, Surakarta, Kampongverbetering

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Legal A Risma.pdf
Cover.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tundjung Wahadi Sutirto, M.
2. Insiwi Febriary Setiasih, S.S, M.A
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya