Penulis Utama : Andi Hermawan
NIM / NIP : S981302001
×

Latar belakang : Sectio caesarea merupakan kelahiran melalui sayatan pada abdomen dan uterus dengan indikasi tertentu untuk melahirkan janin dengan berat > 500 gram. Nyeri post operasi  sectio  caesarea  merupakan  nyeri  sedang  berat  dengan  intensitas  akut.  Paracetamol bekerja melalui mekanisme menghambat sintesis prostaglandin di sel, menghambat enzim siklooksigenase di pusat, dan bekerja di kemoreseptor nyeri di perifer. Ketorolac menghambat sintesa prostaglandin di saraf perifer. Interaksi kedua obat tersebut dapat menurunkan ambang nyeri yang dapat kita periksa dengan skor NRS.
Tujuan:. Mengetahui adanya perbedaan efektivitas antara pemberian kombinasi paracetamol fentanyl dengan ketorolac fentanyl dalam mengatasi nyeri post operasi sectio caesarea.
Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental dengan pendekatan uji klinis dengan rancangan penelitian post operasi. Terdapat 30 subjek penelitian pasien hamil dengan umur 20-40 tahun dengan status fisik ASA I-II yang akan menjalani operasi sectio caesarea dengan spinal anestesi lidocain 5% hiperbarik. Distribusi sampel meliputi 15 subyek dengan pemberian paracetamol dan 15 subyek dengan pemberian ketorolak post operasi. Setelah dilakukan randomisasi dilakukan pengukuran intensitas nyeri dengan skor NRS sampai 8 jam post operasi. Penelitian ini menggunkan data kategori dengan skala ordinal sehingga uji beda dilakukan dengan uji statistik Non Parametris. Uji beda kelompok tidak berpasangan data berdistribusi normal menggunakan uji t test, uji beda kelompok tidak berpasangan data berdistribusi tidak normalmenggunakan uji mann whitney, dan uji beda kelompok berpasangan data berdistribusi tidak normal menggunakan uji Friedman.
Hasil  :  Hasil  uji  beda  terhadap  karakteristik subyek penelitian  didapatkan  pada  kelompok Parasetamol +Fentanyl terdapat perbedaan yang signifikan pada jam ke-2, ke-4, ke-6, dan ke-8 post operasi dengan nilai p=0,005 (p<0 p=0,023>Kesimpulan: Ada perbedaan efektivitas antara pemberian kombinasi paracetamol fentanyl dengan  ketorolac  fentanyl  dalam  mengatasi  nyeri  post  operasi  sectio  caesarea,  dimana kombinasi  paracetamol  fentanyl  lebih  efektif  dibandingkan  dengan  ketorolac  fentanyl  dan secara statistik berbeda signifikan (p<0>Kata kunci : nyeri, paracetamol, ketorolac, sectio caesarea

×
Penulis Utama : Andi Hermawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S981302001
Tahun : 2017
Judul : Perbandingan efektivitas paracetamol dengan ketorolac sebagai analgetik post operasi sectio caesarea
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : PPDS Anestesi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Magister Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif -S981302001-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Sugeng Budi S, SpAn KMN
2. dr. Bambang NP, SpAn Perf MKes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.