Penulis Utama : Muslikhah
NIM / NIP : C1012030
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan strategi   yang digunakan dalam penerjemahan syair Al-Mutanabbi dalam terjemah kitab Al Balaghatul Wadhichah  dan (2) mendeskripsikan metode penerjemahan syair Al- Mutanabbi dalam terjemah kitab Al Balaghatul Wadhichah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Adapun dalam proses analisis data, penelitian ini menggunakan tiga tahapan, yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil temuan dalam penelitian ini adalah penerjemah menerapkan 11 strategi penerjemahan dalam menerjemahkan kutipan syair Al-Mutanabbi. Ada 38 variasi penggunaan strategi yang diterapkan oleh penerjemah. Variasi tersebut adalah  penggunaan  dua  strategi  (struktural  dan  semantis)  secara  bersamaan, namun dalam beberapa kasus penerjemah hanya menggunakan salah satu dari dua strategi penerjemahan tersebut.  Penerjemah menerapkan  strategi penerjemahan semantis lebih sering dibandingkan strategi penerjemahan struktural, yaitu sebanyak 61,7%, sedangkan penerapan srategi struktural sebanyak 38,3%. Metode penerjemahan yang digunakan dalam penerjemahan syair Al-Mutanabbi adalah metode penerjemahan literal dan interpretasi. Metode terjemahan literal digunakan pada 13 data, sedangkan metode interpretasi digunakan pada 50 data.

 

×
Penulis Utama : Muslikhah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C1012030
Tahun : 2017
Judul : Strategi dan Metode Penerjemahan Syair Al- Mutanabbi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. Sastra Arab-C1012030-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Abdul Malik, S.S., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.