Penulis Utama : Putri Dwi Setianingseh
NIM / NIP : R0014060
×

Latar  Belakang  : Pengendalian  risiko  terhadap  bahaya  merupakan  salah  satu upaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan akibat kerja. Tujuan penelitian ini adalah melakukan identifikasi bahaya dan penilaian risiko serta menganalisis penetapan pengendalian terhadap risiko yang mungkin timbul di Instalasi Laundry RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk memberi gambaran mengenai   potensi   bahaya   fisik,   kimia,   biologi,   ergonomi   dan   lingkungan, penilaian risiko dengan tingkat risiko rendah, sedang dan tinggi, serta penetapan pengendalian  berupa eliminasi,  substitusi,  perancangan  alat/mesin/tempat  kerja, administrasi  dan  penggunaan  APD  yang  ada  di  Instalasi  Laundry  RSUD  dr. Soediran Mangun Sumarso.

Hasil : Kegiatan Instalasi Laundry RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso antara lain pengambilan dan pencucian linen kotor serta penghalusan dan pelipatan linen bersih.  Dalam  setiap  kegiatan  tersebut  terdapat  potensi  bahaya  dengan  tingkat risiko rendah sebanyak  2, tingkat risiko sedang sebanyak  15 dan tingkat risiko tinggi  sebanyak  10. Pengendalian  utama  masih  dominan  dengan  menggunakan APD.  Perlu  dilakukan  pengendalian  utama  yang  ditambahkan  berupa pengendalian eliminasi sebanyak 2, Pengendalian substitusi sebanyak 17, pengendalian perancangan alat/mesin/tempat kerja sebanyak 4, pengendalian administrasi sebanyak 15 dan pengendalian APD sebanyak 1.

Simpulan : Penerapan Identifikasi Bahaya, Penilaian Risiko dan Penetapan Pengendalian telah sesuai dengan UU No. 1 Tahun 1970, PP No. 50 Tahun 2012 dan OHSAS 18001:2007. Dari hasil analisis, yang sesuai dengan peraturan adalah penggunaan  APD terhadap potensi bahaya. Sedangkan  yang belum sepenuhnya sesuai dengan peraturan  adalah upaya pengendalian  tambahan  terhadap  potensi bahaya serta hasil pengukuran intensitas pencahayaan, kelembaban dan suhu.

×
Penulis Utama : Putri Dwi Setianingseh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0014060
Tahun : 2017
Judul : Identifikasi Bahaya, Penilaian Risiko dan Penetapan Pengendalian di Instalasi Laundry Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2017
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Prog. DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R0014060-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Cr. Siti Utari, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.