Penulis Utama : Rindu Permata Putri
NIM / NIP : G0014200
×

Latar Belakang : Penyakit di rongga mulut saat ini dianggap sebagai permasalahan ksesehatan masyarakat yang besar di seluruh dunia. Pendidikan kesehatan bisa mempengaruhi pengetahuan dan perilaku mengenai masalah kesehatan yang dimiliki seseorang. Perilaku dalam menjaga kebersihan  mulut bisa dilihat pada status kebersihan mulut seseorang. Di sisi lain, pengetahuan mengenai kesehatan gigi dan mulut yang dimiliki mahasiswa kedokteran perlu diperhatikan mengingat berbagai penyakit periodontal yang berhubungan dengan penyakit sistemik. Perlunya mengetahui apakah ada perbedaan pengetahuan mengenai kesehatan gigi dan mulut serta status kebersihan gigi dan mulut antara mahasiswa di bidang kesehatan dan selain kesehatan menjadi landasan penulis untuk melakukan penelitian antara mahasiswa kedokteran dan ekonomi.
Metode Penelitian : Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian adalah Mahasiswa Kedokteran dan Mahasiswa Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 72 mahasiswa, yang terdiri dari 36 mahasiswa Kedokteran dan 36 Mahasiswa Ekonomi. Penetapan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji Chi-Square dengan tingkat kepercayaan 95%  (? = 0,05). Data diolah melalui SPSS 22 for Windows.
Hasil Penelitian : Didapatkan nilai expected<5 p=0,018 xss=removed>Simpulan Penelitian : Berdasarkan  hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan mengenai kesehatan kebersihan gigi dan mulut, namun tidak terdapat perbedaan status kebersihan gigi dan mulut antara Mahasiswa Kedokteran dan Ekonomi. 

 

×
Penulis Utama : Rindu Permata Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014200
Tahun : 2017
Judul : Perbedaan Pengetahuan Mengenai Kesehatan dan Status Kebersihan Gigi dan Mulut antara Mahasiswa Kedokteran dan Ekonomi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Jur. Kedokteran-G0014200-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Widia Susanti, drg., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.