Penulis Utama : Silvi Chintia
NIM / NIP : M3514049
×

Daun kemangi (Ocimum basilicum L.) diketahui memiliki aktivitas antibakteri terutama pada bakteri Staphylococcus aureus. Hal ini dikarenakan ekstrak  etanol  daun  kemangi  mengandung  flavonoid,  saponin,  dan  tannin yang berperan sebagai antibakteri. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk   mengetahui   pengaruh   variasi   cocamide   DEA   sebagai   surfaktan terhadap sifat fisik dan kimia sediaan sabun mandi cair ekstrak etanol daun kemangi.
Sediaan dibuat sebanyak tiga formula yang masing-masing mengandung konsentrasi cocamid DEA yang berbeda yaitu 1%, 2% dan 3%. Penelitian ini menggunakan   metode   eksperimental.   Sediaan   sabun   mandi   cair   yang diperoleh, dievaluasi sifat fisik dan kimianya meliputi: stabilitas sifat fisik (stabilitas busa, organoleptis,  pH, viskositas, dan bobot jenis), sifat  kimia (kadar alkali bebas dan pelepasan zat aktif). Hasil uji pH, viskositas, dan bobot jenis dianalisis dengan menggunakan software SPSS 24. Uji normalitas digunakan analisis Shapiro-Wilk. Jika data terdistribusi normal dilanjutkan dengan   analisis   One   Way   ANOVA.   Jika   data   yang   diperoleh   tidak terdistribusi normal maka digunakan Uji Kruskal-Wallis. Hasil dari peneitian ini secara keseluruhan akan disesuaikan dengan syarat yang ditentukan oleh SNI 06-3532-1996 Tentang Sabun Cair.
Formula terbaik  dihasilkan oleh F1  dan  F2. Berdasarkan  uji statistik dengan SPSS 24 menunjukan bahwa variasi konsentrasi cocamide DEA berpengaruh terhadap stabilitas busa, pH, bobot jenis dan viskositas sediaan sabun mandi cair ekstrak etanol daun kemangi (Ocimum basilicum L.).

 

×
Penulis Utama : Silvi Chintia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3514049
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Variasi Konsentrasi Cocamide Dea Sebagai Surfaktan Terhadap Sifat Fisik dan Kimia Sediaan Sabun Mandi Cair Ekstrak Etanol Daun Kemangi(Ocimum basilicum L.)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2017
Program Studi : D-3 Farmasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. MIPA Prog. DIII Farmasi-M3514049-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sholichah Rohmani, S.Farm., M.Sc., Apt
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.