Penulis Utama : Akhmad Nur Fauzan
NIM / NIP : K6415003
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) strategi guru dalam mengembangkan instrumen penilaian pengetahuan berorientasi HOTS pada mata pelajaran PPKn; dan 2) kendala yang dialami guru dalam mengembangkan instrumen penilaian pengetahuan berorientasi HOTS pada mata pelajaran PPKn.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, studi dokumen, dan angket. Pengujian validitas data menggunakan model analisis triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Simpulan hasil penelitian: Strategi dalam mengembangkan instrumen penilaian pengetahuan berorientasi HOTS yaitu: a) memperhatikan karakteristik siswa; b) menganalisis kompetensi dasar dan materi; c) membuat kisi-kisi soal; d) mencari stimulus yang kontekstual; e) menyusun soal, pedoman skor, dan kunci jawaban; dan f) menelaah soal berdasarkan kaidah pembuatan soal dan kriteria soal HOTS. Kendala yang dialami guru dalam mengembangkan instrumen penilaian pengetahuan berorientasi HOTS yaitu: a) kesulitan guru dalam menyusun soal yang berkarakter HOTS; b) kurangnya literasi dan penguasaan materi siswa; c) kurangnya ketersediaan narasumber yang ahli dalam bidangnya; dan d) kurangnya literasi dan pustaka buku terjemahan tentang HOTS. Penilaian dan pembelajaran merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan, sehingga penilaian HOTS akan berjalan dengan baik apabila pembelajaran juga dibiasakan pembelajaran yang berkarakter HOTS.

Kata Kunci: penilaian, HOTS

×
Penulis Utama : Akhmad Nur Fauzan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6415003
Tahun : 2019
Judul : Strategi guru dalam mengembangkan instrumen penilaian pengetahuan pendidikan pancasila dan kewarganegaraan berorientasi higher order thinking skills (studi di SMA Negeri 1 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PPKn-K6415003-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Winarno, S.Pd., M.Si
2. Wijianto, S.Pd., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.